BPBD Aceh Tamiang Perbaiki Tanggul Di Rantau Pakam

harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang - Pasca jebolnya tanggul akibat luapan air sungai di Kampung Rantau Pakam Kecamatan Bendahara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tamiang melakukan perbaikan tanggul.

Seperti terlihat dilokasi, perbaikan tanggul yang Jebol di Kampung Rantau Pakam tersebut, menggunakan batang pohon kelapa sebagai tiang pancang, pemasangan kawat jaring bronjong dan terpal serta penimbunan tanah sebagai penahan tebing sungai.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Tamiang, Syahri SP, melalui Kepala Bidang Kedaruratan, Diwan Syahputra kepada  harianfikiransumut.com, Selasa, 23 February 2021 di workshop BPBD mengatakan, saat ini pekerjaan perbaikan tanggul untuk di rantau pakam hampir rampung dikerjakan.

Perbaikan tanggul di rantau pakam tersebut, kita menggunakan batang pohon kelapa ditanam seperti pemasangan sheet pile atau tiang pancang di bagian tebing sungai atau tanggul yang Jebol, sebutnya.

Diwan Syahputra menambahkan, selain menggunakan batang kepala, juga dilengkapi dengan kawat jaring bronjong serta terpal atau tenda yang melekat dibagian tiang pancang batang kelapa sebagai penahan tanggul dari terjangan air sungai dikala banjir.

Setelah itu, tanggul tersebut ditimbun menggunakan material tanah, saat ini diperkirakan pekerjaannya telah mencapai 80 persen, mudah-mudahan jika tidak ada hambatan, pekerjaan perbaikan tanggul tersebut, beberapa hari kedepan, dapat selesai dengan baik, ujarnya.

Disebutkannya, terdapat beberapa titik tanggul yang Jebol akibat diterjang banjir beberapa waktu lalu, termasuk di Kampung Teluk Halban dan Kampung Marlempang Kecamatan Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang.

Saat disinggung menyangkut anggaran, Diwan Syahputra menyebutkan bahwa pekerjaan tersebut menggunakan anggaran APBD Kabupaten Aceh Tamiang  sebesar Rp.130 Juta, terangnya.

Penulis : pakar

Komentar

Berita Terkini