Tanggul Di Blang Palas Jebol, Puluhan Hektar Tanaman Padi Terendam

 

Tanggul Di Blang Palas Jebol, Puluhan Hektar Tanaman Padi Terendam

harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang, Aceh -  Dampak Banjir kian meluas hingga merendam puluhan hektar tanaman padi di area persawahan Blang Palas Kampung Alur Bemban, disebabkan jebolnya tanggul di lahan tersebut.

Jika kondisi air banjir tidak kunjung surut, dikhawatirkan puluhan hektar tanaman padi terancam gagal panen dan ketahanan pangan pun semakin menurun.

Dijelaskan, saat ini sebahagian  kondisi padi di area tersebut mulai menguning bahkan sebahagian lainnya hanya tinggal menunggu waktu saja untuk dipanen.

Kondisi ini pun dibenarkan oleh Abdullah selaku Ketua Kelompok Tani Teguh Karya Kampung Alur Bemban Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, Senin, 25 Januari 2021.

Menurutnya, banjir ini merupakan air kiriman dari berbagai daerah melalui aliran parit hingga ke Blang Palas.

Padahal, beberapa waktu lalu di tahun 2019 lalu pemerintah daerah melalui dinas pertanian dan bidang pengairan PUPR Aceh Tamiang telah meninjau langsung ke lokasi untuk dilakukan normalisasi pada parit-parit yang tersumbat bahkan telah di setujui oleh Bupati Aceh Tamiang.

Tidak tau pasti, hingga kini untuk normalisasi parit tersebut pun tak kunjung terlaksana, kata Abdullah.

Tidak ada jalan lain, pemerintah melalui dinas terkait harus segera memberikan solusi untuk menganggarkan biaya  penimbunan tanggul, agar ketinggian tanggul dapat  ditambah secara permanen.

Saya khawatir, jika tidak segera di tindak lanjuti, ratusan petani di area persawahan Blang Palas akan selalu gagal panen, terlebih tingginya intensitas curah hujan, ucap Abdullah.

Tidak hanya di persawahan Blang Palas, juga akan berdampak ke areal persawahan Perkebunan Tanjung Seumentoh, yakni, paya tualang dan tanah Berongga hingga ke areal persawahan kampung suka jadi/paya bujuk serta areal persawahan Blang Proyek Kampung Paya Meta, kecamatan karang baru, tuturnya.

Terhitung sejak Sabtu, 23 Januari 2021 kemarin, banjir masih merendam areal persawahan di Blang Palas, semoga kedepan  tidak ada lagi banjir susulan, harapnya.

Disebutkan, area persawahan di Blang Palas yang terendam banjir, tercatat kurang lebih mencapai seluas 30 hektar.

Diakuinya, banjir tidak hanya merendam areal persawahan, namun juga lahan pertanian lainnya, lahan cabai, jagung,  timun dan tanaman ubi kayu serta kolam ikan, ungkapnya mengakhiri.

Penulis : pakar

Komentar

Berita Terkini