Pengurus KTNA Tingkat Kecamatan Se-Kabupaten Aceh Tamiang Dilantik

 

Pengurus KTNA Tingkat  Kecamatan Se-Kabupaten Aceh Tamiang Dilantik

Karang Baru | Aceh : Pelantikan Pengurus KTNA Tingkat  Kecamatan Periode 2021-2025 Se-Kabupaten Aceh Tamiang bertemakan "Bersama KTNA Kita Wujudkan Kelompok Tani Andalan di Kabupaten Aceh Tamiang" berlangsung di Tribun Kantor Bupati setempat, Rabu, 13 Januari 2021.

Pelantikan ini berdasarkan surat keputusan pengurus KTNA Aceh Tamiang Nomor : 12/SKEP/KTNA-Aram/1/2021 Tangga 04 Januari 2021.

Wakil Bupati Aceh Tamiang, T. Insyafuddin. ST, dalam sambutannya mengatakan,  pembangunan sektor pertanian menjadi salah satu prioritas utama dalam pembangunan di kabupaten aceh tamiang.

Oleh sebab itu, kehadiran KTNA, diharapkan terus memotivasi dan mengembangkan berbagai produk pertanian yang di hasilkan diwilayah nya masing-masing.

KTNA sebagai organisasi petani, diharapkan mampu dan berperan aktif untuk mendorong para petani memberikan perhatian yang lebih besar, kepada sektor pertanian dan Sektor lainnya.

Fungsi kelompok KTNA adalah, sebagai wadah Musyawarah petani dan nelayan dan sebagai mitra kerja pemerintah, dalam pembangunan pertanian, sesuai dengan fungsi tersebut, KTNA diarahkan untuk mampu berperan meningkatkan dan mengembangkan, kemampuan para anggotanya dalam melaksanakan kegiatan, yang telah di programkan untuk pembangunan pertanian.

Khususnya dalam memecahkan dalam berbagai masalah, bangunan pertanian di wilayahnya dan menyampaikan aspirasinya Kepada pemerintah.

Melalui pelantikan KTNA kecamatan, diharapkan mampu memberikan solusi terhadap  permasalah bagi petani dan nelayan yang ada di kecamatan serta mampu menjembatani bagi petani dan nelayan di kecamatan dengan pengurus KTNA Kabupaten dalam membangun komunikasi dengan pemerintah daerah.

Dengan kerjasama yang baik, maka kesejahteraan dan peningkatan para petani, dari waktu ke waktu akan terus meningkat serta menjadi tolak ukur yang baik di sektor pertanian, peekebunan dan perikanan yang kedepannya dapat memberikan efek kemajuan bagi masyarakat Bumi muda sedia, tuturnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua DPRK Aceh Tamiang, Suprianto ST, mengatakan, KTNA Kabupaten Aceh Tamiang, harus bisa memainkan peran dan fungsinya selaku organisasi yang memfasilitasi dan memperjuangkan kepentingan petani serta nelayan.

Dengan tujuan akhirnya ialah tercapainya peningkatan kesejahteraan petani dan nelayan, sebutnya.

Selain itu, sambung Suprianto, KTNA di tingkat kecamatan harus bisa menjalankan fungsi advokasi dan pendampingan, dan pembelajaran terhadap berbagai kepentingan para petani dan nelayan di semua sektor di masing-masing kecamatannya.

Fungsi pembinaan dan bimbingan juga perlu di berikan kepada KTNA, sehingga dapat meningkatkan produktivitas hasil pertanian yang maksimal

Disamping keseriusan dalam mengelola sumberdaya alam,  penting juga peningkatan SDM bagi para petani, oleh karena itu, KTNA juga harus mendapatkan dukungan dari dinas terkait, agar program-program yang dijalankan KTNA dapat berjalan sesuai diharapkan, ungkap Ketua DPRK Aceh Tamiang, Suprianto ST.

Sementara itu, saat di temui harianfikiransumut.com, Ketua KTNA Kabupaten Aceh Tamiang, D' Yogi.S menyampaikan semoga dengan dilaksanakannya pelantikan pengurus KTNA Kecamatan hari ini diharapkan dapat menjadi ujung tombak bagi petani di wilayahnya masing- masing.

D'Yogi S; juga serta bisa menjadi advokasi bagi para petani untuk meningkatkan hasil produksi pertanian dan nelayan serta mampu menjembatani segala permasalahan yang muncul ditengah-tengah petani.

Diterangkannya, saat ini jumlah kelompok tani yang aktif dan berdasarkan SK Bupati Aceh Tamiang tercatat kurang lebih sebanyak 893 kelompok tersebar di 11 kecamatan, ungkap D'Yogi.S.

Berikut Nama-nama Ketua Kelompok Tani Andalan yang di Lantik :

1. Jumadi Ketua KTNA Kecamatan Tenggulun 

2. Warrior Ketua KTNA Kecamatan Tamiang Hulu 

3. Abdul Azis Ketua KTNA Kecamatan Banda Mulia 

4. Supardi Ketua KTNA Kecamatan Bendahara 

5. Saharuddin Ketua KTNA Kecamatan Rantau 

6.Anuar Ketua KTNA  Kecamatan Manyak Payed 

7. Marahalim Ketua Kecamatan Bandar Pusaka 

8. Misgianto Ketua KTNA Kecamatan Sekerak 

9. Herman Ketua KTNA Kecamatan Karang Baru 

10. Rohim Ketua KTNA Kecamatan Seruway 

11. M7halim, SP Ketua KTNA Kecamatan Kejuruan Muda.

Tampak hadir pada pelaksanaan pelantikan pengurus KTNA Kecamatan, Wakil Bupati Aceh Tamiang, T. Insyafuddin. ST, Sekretaris Distanbunnak Aceh Tamiang, M. Nasir, SP, Ketua DPRK Aceh Tamiang, Suprianto ST, Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang, Fadlon SH, anggota DPRK Aceh, H. Saiful Sofyan, Salbiah serta seluruh pengurus KTNA Kabupaten dan Kecamatan se-kabupaten Aceh Tamiang.

Penulis : pakar

Komentar

Berita Terkini