Lama Tidak Berfungsi, Kawasan Penggemukan Sapi Aceh Tamiang Akan Dialihfungsikan

 

Lama Tidak Berfungsi, Kawasan Penggemukan Sapi Aceh Tamiang Akan Dialihfungsikan

Aceh Tamiang, Aceh | Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang berencana akan mengalihfungsikan Kawasan Penggemukan Sapi yang berada di Desa Alur Jambu Kecamatan Bandar Pusaka, Aceh Tamiang menjadi Kawasan Pengembangan Sapi.

Bangunan Kawasan Penggemukan Sapi yang dibangun pada tahun 2012 lalu oleh dinas pertanian, perkebunan dan peternakan kabupaten aceh tamiang hingga kini terkesan tanpa ada aktifitas.

Kondisi itu pun dibenarkan oleh Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan Dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang, Yunus, SP; saat ditemui harianfikiransumut.com diruang kerjanya, Senin, 11 Januari 2021.

Menurutnya, Penyebab tidak berfungsinya kawasan itu, dikarenakan tidak adanya anggaran biaya operasional,  terkait fasilitas dan pengadaan pakannya, sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

"Masih berfikir panjang untuk mengaktifkannya, sudah tentu memerlukan banyak biaya yang harus disediakan".

Ditambah lagi, kawasan tempat penggemukan sapi itu telah mengalami banyak kerusakan fasilitasnya, termasuk lokasi pakan hijau, tidak tersedianya air bersih dan juga pagar yang telah rusak, jadi, harus difikirkan secara matang untuk memfungsikannya kembali, sebut Yunus lagi.

Awalnya, kawasan Penggemukan Sapi tersebut sempat berfungsi melalui pengadaan sapi brahma cross dan sapi Bali, namun dikarenakan keterbatasan anggaran untuk biaya operasional penyediaan air bersih dan lokasi pakan hijaunya, sapi-sapi tersebut diberikan kepada para Kelompok Tani.

Oleh karena itu, sambung Yunus; pihaknya akan berkoordinasi kepada Bupati Aceh Tamiang dan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Provinsi Aceh terkait untuk mengalihfungsikan Kawasan Penggemukan Sapi tersebut.

Jika disetujui, pihaknya dapat membuat perencanaannya, terkait anggaran untuk kebutuhan pembangunan tempat pengembangan sapi tersebut, ucap Yunus; sembari mengatakan bahwa Kawasan Penggemukan Sapi tersebut memiliki area seluas 4.1 hektar dan telah bersertifikat.

Penulis : pakar

Komentar

Berita Terkini