Kakan Kemenag Aceh Tamiang Pimpin Upacara HAB Ke 75

Kakan Kemenag Aceh Tamiang Pimpin Upacara HAB Ke 75

Karang Baru | Aceh Tamiang : Kemenag Aceh Tamiang melaksanakan Upacara Hari Amal Bakti (HAB) Ke 75 dipimpin langsung oleh Kakan Kemenag Aceh Tamiang, Fadhli S.Ag..

Upacara Hari Amal Bakti (HAB) Ke 75 di gelar di halaman Kantor Kemenag setempat pada pukul 09.00 Wib, Selasa, 5 Januari 2021.

Dari amatan harianfikiransumut.com, pelaksanaan upacara HAB kali ini dilaksanakan secara sangat sederhana dan berbeda seperti tahun sebelumnya serta mengikuti protokoler kesehatan Covid-19, mengingat masih dalam Kondisi Pandemi Covid-19.

Usai menyampaikan sambutannya, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Aceh Tamiang, Fadli, S.Ag kepada harianfikiransumut.com mengatakan, tahun 2021 ini upacara HAB sedikit berbeda dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya.

Upacaranya, hanya dihadiri oleh para kepala madrasah, kepala Kantor Urusan Agama (KUA), para pengawas Madrasah, dan para kasie, serta staf dan pegawai kantor saja, sebutnya.

"Hal ini disebabkan masih dalam situasi Pandemi Covid-19, sehingga peserta yang mengikuti upacara di batasi".

Di tahun-tahun sebelumnya, kegiatan upacara dihadiri oleh seluruh staf, PNS, dan PDPK dibawah lingkungan kantor Kementrian Agama Kabupaten Aceh Tamiang tanpa terkecuali, kata Fadhli.

Dijelaskannya, pembatasan peserta upacara pada HAB ke 75 ini juga mengacu pada surat edaran yang dikeluarkan oleh Menteri Agama RI dalam memperingati Hari Amal Bakti ke 75 tahun 2021 dalam masa pandemi Covid-19.

Fadli menambahkan, walau dilaksanakan secara sederhana, upacara ini tidak mengurangi arti dan makna dalam peringatan HAB itu sendiri.

Fadhli juga berharap semoga pandemi Covid-19 cepat berlalu,  agar pelaksanaan haji dapat diberangkatkan pada tahun ini, begitu juga dengan pelaksanaan belajar mengajar di Madrasah secara tatap muka," Katanya.

Saat ini pihaknya sudah mulai memberlakukan proses belajar secara tatap muka, namun hal itu baru dilakukan 50 persen dengan cara bergantian dari jumlah murid yang ada, sesuai peraturan bersama 4 menteri," Ujarnya.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan makan bersama dan pemotongan tumpeng oleh Kakan Kemenag Aceh Tamiang, Fadli, S. Ag di Aula Al Ikhwan Kantor Kemenag setempat.

Penulis ; pakar
Editor : Red

Komentar

Berita Terkini