Akibat Tanggul Jebol, Ratusan Rumah Warga di Rantau Pakam Terendam Banjir.

 

Akibat Tanggul Jebol, Ratusan Rumah Warga di Rantau Pakam Terendam Banjir.

Bendahara | Aceh : Akibat  Jebolnya Tanggul, Ratusan Rumah Warga di Kampung Rantau Pakam Kecamatan Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang, Terendam Banjir.

Datok Penghulu Kampung Rantau Pakam, Ruslan kepada harianfikiransumut.com saat dilokasi banjir, Kamis, 14 Januari 2021, mengatakan kondisi banjir di kampungnya ini telah berlangsung sejak empat hari yang lalu.

Tingginya intensitas hujan dibagian hulu Kabupaten Aceh Tamiang, mengakibatkan sungai semakin meluap ditambah lagi pasang rob air laut, sehingga air meluap dan merendam ratusan rumah warga, sebutnya.

Dijelaskannya, Kampung Rantau Pakam berpenduduk 310 KK dan 1171 jiwa, saat ini banjir telah merendam seluruh rumah warganya.

Tidak hanya merendam Kampung Rantau Pakam, banjir juga merendam beberapa kampung lainnya, yakni Kampung Teluk Halban dan Kampung Teluk Kemiri, dengan ketinggian air mencapai 50-100 cm di perkarangan rumah warga.

Kemudian, Kata Ruslan, banjir juga mengakibatkan patahnya bangunan penahan tebing di kampungnya yang tidak mampu menahan tingginya debit air sungai, sebut Datok.

Selain patahnya bangunan penahan tebing sungai, juga terdapat jebolnya tanggul di Kampung Rantau Pakam di  beberapa titik yang kondisinya sangat rawan, ungkapnya.

Diakuinya, bahwa tanggul tersebut dibangun di atas lahan masyarakat melalui pembebasan lahan, masing-masing seluas 14 meter, dan di bangun sejak 17 tahun yang lalu, kata Ruslan.

Dijelaskannya, bahwa dalam meringankan beban warga yang terendam banjir, pemerintah juga telah menyalurkan bantuannya melalui BPBD Aceh Tamiang berupa beras, Indomie, bubuk kopi, Aqua dan sarden.

Pihak pemerintah Kampung Rantau Pakam juga menyediakan tenda darurat dan dapur umum untuk para korban banjir di Kampungnya.

Hingga saat ini, pantauan media, seluruh rumah warga Kampung Rantau Pakam Kecamatan Bendahara masih terendam banjir.

Penulis : pakar.

Komentar

Berita Terkini