Pangeran Muda Naga Bringsang V Marga Dantaran Anjau Silau Ke Benteng Cempaka

Pangeran Muda Naga Bringsang V Marga Dantaran Anjau Silau Ke Benteng Cempaka

fiksumNews.com | Lampung Selatan : Adat seni budaya adalah warisan leluhur yang harus di pertahan dan di wariskan kepada anak cucu kita nantinya Saibatin Marga Dantaran Ahmad Fajirin yang mendapat gelar Pangeran muda Naga Bringsang V Marga Dantaran anjau silau ke Situs Benteng Cempaka di Paksi  Kunyayan Desa Gedong harta Kecamatan Penengahan Lampung Selatan, Dan dampingi oleh wakil Bupati Pandu Kesuma Dewangsa terpilih pilkada 2020 -2026.

Kadis Pariwisata yang di wakili KUPT Menara Siger dan Kasat Intel Polres Lampung Selatan, Erdiyansah .S.H. Camat Penengahan,Humas PT.ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni,kepala Desa Gedong Harta,Aparat, PPN serta Krabat Bangsawan isi Lamban Balak  Penggawa dan masyarakat Marga Dantaran .Sabtu (26/12/2020)

Di wilayah Paksi Kunyayan terdapat situs Benteng Tanah yg merupakan warisan Sejarah Leluhur. 

Situs Benteng Tanah Cempaka Marga Dantaran  di Dirikan era Dalom Kusuma ratu  Anak Dari keturunan Pangeran Naga Bringsang yang akhirnya Dibuang Belanda ke Manado.

Pewaris Saibatin Marga Dantaran,  Ahmad Fajirin Pangeran Muda Naga Bringsang V bersilaturahmi ke Masyarakat adat segekhi suku sebagai rasa memiliki kecintaan kepada warisan Adat Turun temurun agar Adat Marga Dantaran exsis dan Kuat.

"Karena wilayah Marga Dantaran yang sangat luas sebagian yang berada diPulau Sangiang batas lautan atau garis wilayah yang telah di tentunkan seperti pelabuhan penyeberangan PT.ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni adalah bagian wilayah Marga Dantaran dan kemaren kita menyerahkan Kebung ke kantor ASDP Cabang Bakauheni adalah bentuk sinergi kita semua kepada semua pihak dan elemen yang terlibat di wilayah marga Dantaran yang dapat ki berikan kepada paksi kunyayan adalah simbul kebung Lampung ," Ungkap Pangeran Muda.

Wayhandak sekarang di sebut Kalianda Lampung Selatan adalah bagian  Kerajaan Sekala Brak Wilayah Selatan.

Pangeran Muda melanjutakan prosesi Adat turun temurun yakni Anjau Silau adalah bentuk nyata untuk mempererat Tali Silaturahmi Saibatin kepada Paksi. Punyimbang Segekhi Suku masyarakat Adat marga Dantaran.


Paksi Paksi adat Marga Dantaran ada empat yakni: 

1. Paksi Tiyuh.

2. Paksi Deduk.

3. Paksi Kunyayan.

4. Paksi khuguk Sumokh. 

Anjaw silau pertama di Paksi tiyuh pada hari  Selasa 24 Nopember 2020,Anjaw silau Kedua di Paksi Deduk pada hari  Senin 07 Desember 2020 dan Anjaw Silau ketiga di Paksi Kunyayan Gedung Harta yang dilaksanakan pada hari ini Sabtu  26 Desember 2020.Anjaw Silau keempat jadwal ke Paksi Khuguk Sumokh untuk kedepannya.

Kegiatan Anjau Silau dapat terlaksana berkat Bantuan Elemen seluruh Masyarakat Adat Segekhi Suku Marga Dantaran.

Melestarikan Adat Saibatin yang utama adalah Pengorbanan dan Kesetian. Acara anjau silapun di iringi Pencak Lampung Tari Melayu dan Tabuhan Kenungan Burung Iking.

Laporan : (khoirizal - Dede ahmad)

Komentar

Berita Terkini