-->

Zending RMG Pertama Di Dirikan Pada Tahun 1904 Di Kab Simalungun

Ket Fhoto : Dari kiri Lokasi Sekolah Zending dan bekas Gereja Buluh Raya, Kanan: Makam Tuan Buluh Raya Tuan Huluan Saragih Garingging

FiksumNews.com - Simalungun : Di Kutip dari Buku Pdt J.Wismar Saragih Dan Keterangan Saksi sumber dari Pdt Juanda Purba dasuah- Jum,at 23/10/2020

 Sekolah pertama yang didirikan oleh Zending RGM(Rheinische Mission Gesellschaft) disimalungun ternyata diBuluh Raya wliayah Partuanon kerajaan Raya pada Tahun 1904 pada Bulan januari.

Buluh Raya adalah wilayah Partuanon dari sebuah Kerajaan Raya ternyata ini merupakan sebuah pertimbangan Zending RMG dimana adalah perbedaan sikap yang mencolok antara Penguasa  Kerajaan Raya dengan Tuan Buluh Raya.

Riwayat Kerajaan Pernah berkonflik ,dalam tulisan Pdt .J.Wismar Saragih  dari Narasumber terpecaya di Istana Kerajaan Raya pada tahun 1937 Kerajaan Raya yang dipimpin oleh Tuan Rondahaim pernah berperang dengan Tuan Buluh Raya Tuan Huluan Saragih.

Peperangan dipicu akibat Syarat Sebagai Raja dipertentangkan dimana Singasana Kerajaan saatnya digelar ketika itu antara Tuan Rondahaim dan Tuan Huluan lah Syarat Singasana Istana untuk Memegang tampuk Kursi Istana dan Kepemimpinan .

Peperangan pun terjadi Tuan Huluan pun diperang Oleh Tuan Rondahaim , disebutkan peperangan terjadi dipicu oleh Tahta Kerajaan .

Ketika itu yang menjabat Raja Raya akhirnya dijabat oleh Tuan Rondahaim Saragih Garingging.

Tuan Buluh Raya Tuan Huluan terkenal kaya saat itu pesatnya Perdagangan Lada dengan pantai timur Sumatera ,Tuan Huluan pernah ingin menggabungkan Wilayah kerajaan nya dengan Kerajaan Padang tak lain saudara sepupunya Raja Padang Tebing Tinggi masih keturunan dari Raja Raya Saragih Garingging Leluhur Raja Raja.

Tuan Buluh Raya Tuan Huluan Selalu membina Hubungan baik ke saudaranya Raja Padang Tebing tinggi : Umar Baginda Saleh qamar atau nama Asli Tuan Hapultahan atau Tuan Mortiha Saragih Garingging.

Tuan Mortiha adalah Putra dari  Tuan Raya Nengel Saudara Kandung dari Tuan Buluh Raya Pertama .Tuan Raya Nengel memerintah (1640 -1720) .

Tuan Mortiha Pendiri kerajaan  Padang Tebing tinggi saudara dari Tuan Buluh Raya dikenal dengan Gelar Pargasing Pirak  ( Pendiri Kerajaan Padang Tebing Tinggi di Bulian/ Huta Usang.

Raja Padang Maharaja Tengku Nurdin sangat dekat dengan kedua saudara nya baik Tuan Rondahaim Raja Raya maupun Tuan Bulu Raya Tuan Huluan.

Sistim Kekerabatan Istana Terjalin hubungan baik oleh sebab itu Tuan Huluan dan Raja Padang tetap terbina .

Tuan Huluan menjalin Runitas tali Silaturahim baik Sistim kerajaan maupun kekerabatan istana sehingga sering berkunjung ke Tebingtinggi Tuan Buluh Raya pun paham akan dunia luar sehingga saat Zending masuk ke Simalungun dengan senang hati disambut baik Oleh Penguasa Buluh Raya.

Menurut Catatan diharian Pdt Agust Theis , Tuan Buluh Raya Meskipun sudah tua namun masih menyempatkan diri belajar dan Membaca Tulisan latin dan Bahasa Belanda , Tuan Bulug Raya punya Semangat Belajar Tinggi.

Pantas Saja sekolah Zending didirikan pertama  di Buluh Raya  yang berbeda jauh dari Pusat Kerajaan Raya .

Tak Heran ditahun 1904 sampai diciptakan lagu Tradisional Simalungun berjudul " Doding Marguro guro mangojur (Mangarah) Marsikkolah (Koleksi Perpustakaan Nasional .(H,nst)

Komentar

Berita Terkini