-->

PDAM Tirta Tamiang Distribusikan Air Bersih Di Tujuh Kampung.

fiksumnews.com | Dalam upaya peningkatan pencapaian dan pelayanan air bersih, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Badan Usaha Milik Daerah, PDAM Tirta Tamiang melakukan pengembangan jaringan perpipaan guna untuk mendistribusikan air bersih di Tujuh Kampung.

Pengembangan jaringan perpipaan saluran air bersih di Tujuh Kampung tersebut masing-masing tersebar di Kampung Bandar Setia Tamiang Hulu, Alur Cucur Kecamatan Rantau, Sei Kuruk III Kecamatan Seruway, Marlempang Kecamatan Bendahara, Kampung Rantau Pakam Kecamatan Bendahara.

Kemudian di Kampung Cinta Raja Kecamatan Bendahara dan Kampung Tupah Kecamatan Karang Baru, ungkap Kepala Bagian Teknik PDAM Tirta Tamiang, Amirul kepada harianfikiransumut.com pada Rabu, (7/10) di ruang kerjanya.

Dijelaskannya, kegiatan ini dilaksanakan untuk mendistribusikan air bersih kepada masyarakat sesuai data yang di kirimkan oleh masing-masing Datok Penghulu untuk permohonan pemasangan jaringan saluran air bersih.

Pemasangan jaringan perpipaan air bersih tersebut merupakan hasil usulan masyarakat pada tahun 2019 lalu, dan direalisasikan melalui anggaran DAK Reguler tahun 2020.

Hingga saat ini, jumlah pelanggan Penggunaan air bersih di Kabupaten Aceh Tamiang telah mencapai 20.000 pelanggan, terangnya.

Terkait pemasangan jaringan perpipaan saluran air bersih di Kampung Tupah Kecamatan Karang Baru, terdapat 75 Saluran Rumah(SR) dengan volume 5000 meter melalui anggaran DAK Reguler tahun 2020 dan dikerjakan oleh pihak ketiga.

Dijelaskan, pemasangan jaringan perpipaan saluran air bersih (SR) bagi penerima manfaat tersebut instalasinya di pasang hingga sampai pada box water meter saja dan tidak di pungut biaya sedikitpun.

Sedangkan untuk jaringan ke rumah-rumah dilanjutkan oleh pihak penerima manfaat masing-masing, terangnya.

Amirul juga menyarankan, kepada masyarakat Aceh Tamiang, bagi yang belum memiliki air bersih dapat mengusulkan kembali ke PDAM Tirta Tamiang melalui Datok Penghulu di Kampung masing-masing, sehingga dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memanfaatkan air bersih, Pungkasnya.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Cipta Karya pada Dinas PUPR Aceh Tamian, Wan Zulham, ST mengatakan, pengembangan jaringan perpipaan di Kampung Tupah tersebut sepanjang 5000 meter dan 75 saluran rumah.

Kita harapkan dengan terpasangnya jaringan SR air bersih ini bisa mencukupi kebutuhan masyarakat dalam memanfaatkan air bersih.

Selain Tujuh Kampung  pengembangan jaringan perpipaan dalam cakupan PDAM Tirta Tamiang, ada Tiga Kampung lainnya peningkatan pemasangan jaringan air bersih  di luar cakupan PDAM yakni di kerjakan oleh Pamsimas.

Ketiga Kampung yang mendapatkan pengembangan jaringan perpipaan saluran air bersih melalui Pamsimas berada di Kampung Suka Jadi Kecamatan Rantau, Kampung Alur Manis Kecamatan Rantau dan Kampung Alur Sentang Kecamatan Manyak Payed, terangnya.

Ia juga menghimbau, bagi masyarakat yang belum memiliki air bersih bisa mengusulkan permohonannya melalui Datok Penghulu agar usulannya dapat di teruskan kepada PDAM Tirta Tamiang sesuai data, kata Wan Zulham sembari menjelaskan bahwa program ini merupakan salah satu sektor pelayanan publik dalam mengentaskan kemiskinan dan masyarakat harus menikmati air bersih sebagai salah satu kebutuhan dasar, ucapnya, (pakar)

Komentar

Berita Terkini