PDAM Tamiang Luncurkan 1050 Jaringan Air Bersih Untuk Warga Miskin

fiksumNews.com - Aceh Tamiang : PDAM Tirta Tamiang melakukan pemasangan jaringan distribusi air bersih secara gratis untuk 1.050 rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Direktur PDAM Tirta Tamiang, Ismail SE kepada fiksumNews.com, selasa (15/9) mengatakan, pemasangan jaringan distribusi air bersih secara gratis tersebut tersebar di 11 kecamatan di kabupaten wilayah kabupaten aceh tamiang.

Disebutkannya, di tahun 2020 ini PDAM Tirta Tamiang mendapatkan hibah bantuan pemasangan distribusi air bersih dari Kementerian PUPR sebanyak 1050 sambungan diperuntukkan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Saat ini proses pelaksanaan pemasangan sambungan air bersih sedang berlangsung di masing-masing kecamatan. 
Kita hanya sebagai penerima manfaat dari program kementerian,” ujar Direktur.

Saat ini, baru 11 Kecamatan yang telah terakomodir pemasangan jaringan air bersih dari 12 kecamatan yang ada di Aceh Tamiang, sementara satu  Kecamatan lagi yakni kecamatan Tenggulun belum terakomodir pemasangan jaringan air bersihnya,” ujar Ismail.

Menurutnya pemasangan jaringan distribusi air bersih secara gratis ini merupakan salah satu sektor pelayanan publik yang mempunyai kaitan erat dengan pengentasan kemiskinan.

“Kondisi prasarana dan sarana air minum memberikan pengaruh besar pada kesehatan dan lingkungan yang memiliki dampak lanjutan terhadap tingkat perekonomian keluarga dan khalayak ramai,” jelas  Ismail.

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat dan menargetkan penambahan akses aman air minum dengan menambah Sambungan Rumah (SR) melalui jaringan pipanisasi.

“Intinya masyarakat berpenghasilan rendah harus menikmati air bersih sebagai salah satu kebutuhan dasar, dalam berkehidupan” ujarnya lagi.

Direktur PDAM Tirta Tamiang menyebutkan, untuk mendapatkan sebagai penerima pemasangan jaringan distrubisi air bersih gratis tersebut ada beberapa kriteria yang harus di penuhi, diantaranya :
1. Bersedia menjadi pelanggan PDAM.
2. Daya listrik yang terpasang pada rumah tangga empat amphere.
3. Memiliki KTP Aceh Tamiang 
4. Memiliki KK dan.
5. Berpenghasilan rendah.

Bagi warga yang memenuhi kriteria tersebut, nantinya akan di data terlebih dahulu oleh petugas PDAM Tirta Tamiang dan pemasangannya dilakukan gratis, ungkap Ismail, SE. (pakar).
Komentar

Berita Terkini