-->

Pangulu Plin-plan Warga Geram


fiksumNews.com, Simalungun : Warga Dusun V Kampung Lalang, Nagori Marihat Mayang, Kecamatan Hutabayu Raja sambangi Kantor Camat untuk meminta penjelasan soal surat yang di tandatangani Pangulu untuk pergantian Gamot. Senin (31/08/2020)

Rapat yang digelar di ruang harungguan kantor Camat Hutabayu Raja, Kabupaten Simalungun, di hadiri Camat Hutabayu Raja, Bangun Sihombing, Babinkamtipmas Aiptu F Sitompul, Babinsa, Pangulu Marihat Mayang Sunggul Sihombing, Muspika Kecamatan, Maujana dan Warga Huta V Kampung Lalang.

Warga Dusun V Kp Lalang menuding. surat kepesepakan yang sudah di tanda tangani Pangulu Marihat Mayang yang di saksikan Maujanah, Tokoh masyarakat dan warga dinyatakan tak sah dan batal.

Surat yang berisikan persetujuan pergantian Gamot Huta V Nagori Kampung Lalang, Kecamatan Hutabayu Raja yang di tanda tangani Pangulu Marihat Mayang Sunggul Sihombing di sangkal olehnya dan batalkan sepihak tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi kedepannya.

Akibatnya Warga Huta V Kampung Lalang Marah dan kecewa dengan sikap dan pernyataan yang lontarkan Pangulu Sunggul Sihombing saat Dirinya dan warga berembuk di Kantor Camat Hutabayu Raja, Soal gagalnya rencana pergantian Gamot, bahkan Dia berkilah bahwa surat  yang ia tanda tangani tidak sah, itu kesilapan saya tak mempelajari Undang-undang  Permendes, saat itu saya dalam tekanan, katanya.

Secara tegas Sunggul Sihombing membatalkan surat yang Ia tanda tangani sendiri bahwa pergantian Gamot Huta V di batalkan. Kata Pangulu Marihat Mayang.

Dari pernyataan dan sikap Pangulu yang dinilai Plin Plan Tokoh Pemuda huta V Kampung lalang, Hendra Pardede menganggap Pangulu  Nagori Marihat Mayang tak Koperatif alias kaleng-kaleng, katanya.

"kalolah surat yang ia tanda tangani dan di stempel di hadapan Maujana, tokoh masyarakat dan tokoh adat dianggapnya tidak sah berarti surat-surat lainnya juga tidak sah, ujar Pardede.

"Masyarakat huta V kampung lalang 65% meminta agar Gamot Sofian Manurung di ganti, karena dia sudah tak disenangi masyarakat, penolakan pergantian Gamot oleh Pangulu Sunggul Sihombing akan menimbulkan kegaduhan ditengah warga huta V, kerena tak ada titik temu di kantor camat, kami akan adukan hal ini kepada Komisi 1 DPRD Simalungun dan BPMN, katanya.

Sementara Camat Hutabayu Raja, Bangun Sihombing tak bisa berbuat banyak untuk menengahi persoalan warga huta V Kampung Lalang  Dia hanya meminta agar Pangulu bijak menyikapi persoalan Kata Camat. (Aziz)
Komentar

Berita Terkini