-->

BKAK Karang Baru, Tingkatkan Infrastruktur Jalan Kampung Paya Meta - Alue Lhok

harianfikiransumut.com - Aceh Tamiang : Dalam rangka mendukung produktivitas masyarakat pedesaan, BKAK Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang tingkatkan pembangunan infrastruktur berupa peningkatan jalan penghubung di dua Kampung, Jum'at (25/9).

Pembangunan infrastruktur berupa jalan, plat beton dan talud dilaksanakan di dua Kampung yakni, Kampung Paya Meta dan Kampung Alue Lhok kecamatan karang baru kabupaten aceh tamiang.

Pembangunan infrastruktur di dua Kampung itu dilaksanakan melalui Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) yang dilakukan oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya, guna untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah.

Hal ini di lakukan untuk pengentasan kemiskinan, memperbaiki tata kelola pemerintah daerah (kabupaten, kecamatan dan desa) serta memperkuat kelembagaan masyarakat di tingkat Kampung.

Ketua BKAK Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, Darwin didampingi Sekretarisnya T. Imran kepada fiksumNews.com diruang kerjanya mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) di kerjakan melibatkan warga setempat sebagai pekerja pembangunannya.

Program ini tidak hanya di kabupaten Aceh Tamiang, namun juga tersebar di Enam Kabupaten lainnya di wilayah Provinsi Aceh, bersumber anggaran APBN melalui pos anggaran Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh.

Disebutkan, Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah berupa bangunan pembangunan perkerasan jalan sepanjang 4.200 Meter, Dua Unit Plat Beton dan pemasangan Talud sepanjang 84 Meter, dengan rincian anggaran Rp. 590.000.000.

Ditambahkan, dalam pelaksanaan pekerjaan ini, pihaknya juga berkoordinasi bersama Bidang Cipta Karya pada Dinas PUPR Aceh Tamiang dan di awasi langsung oleh Fasilitator Masyarakat Provinsi serta akan di Audit oleh BPKP Provinsi Aceh, kata Darwin.

Saat ini, hal yang menjadi kendala adalah tingginya curah hujan, sehingga proses pekerjaan di lapangan sedikit terhambat, ungkapnya seraya mengatakan pekerjaan tersebut di targetkan akan rampung pada Desember 2020 mendatang.

Kabid Cipta Karya PUPR Aceh Tamiang, Wan Zulham ST, mengatakan bahwa pekerjaan tersebut merupakan program PISEW dibawah kementerian PUPR Pusat melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh, sebutnya.

Selain itu, keikutsertaannya dalam kegiatan itu, Bidang Cipta Karya sebagai Tim Pelaksana Kegiatan dalam melakukan verifikasi usulan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Ditambahkan, selain di kecamatan karang baru, kegiatan BKAK tersebut juga ada di Desa Tualang Baro Kecamatan Manyak Payed, bertujuan untuk meningkatkan produktivitas masyarakat di bidang perekonomian sentra-sentra perkonomian masyarakat lainnya yang di kerjakan melibatkan warga setempat sebagai pekerjanya, pungkasnya, (pakar).
Komentar

Berita Terkini