-->

Aksi Damai GARANG, Didukung Oleh Pihak Eksekutif Dan Legeslatif

fiksumNews.com - Aceh Tamiang : Puluhan massa dari Gerakan Aksi Pemuda Masyarakat Peduli Aceh Tamiang (GARANG) menggelar aksi damai pemasangan stiker terhahap mobil dinas di lingkungan pemerintahan Kabupaten Aceh Tamiang.

Aksi damai GARANG tersebut disambut oleh Ketua DPRK Aceh Tamiang, Suprianto ST, berlangsung di gedung DPRK Aceh Tamiang, pada Kamis (10/9) dengan jumlah aksi massa berkisar mencapai 20 orang peserta aksi.

Sebelum melakukan aksi damai terlebih dahulu peserta aksi  berkumpul di ruas jalan masuk kantor Bupati Aceh Tamiang.
Kemudian berjalan kaki menuju gedung DPRK Aceh Tamiang sambil berorasi dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Aksi tersebut mendapat pengamanan dari personel Polres Aceh Tamiang serta petugas Satpol - PP dan WH.

Saat menyampaikan orasinya di teras utama kantor DPRK Aceh Tamiang, Dandi Damara selaku koordinator aksi serta Aidil Azhar, koordinator lapangan membacakan petisinya  dihadapan Ketua DPRK Aceh Tamiang, Suprianto, ST.

Berikut isi petisi yang disampaikan oleh massa aksi yakni, meminta Bupati Aceh Tamiang untuk mengintruksikan kepada seluruh instansi memasang stiker pada seluruh mobil dinas yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang.
Memberikan sanksi terhadap instansi yang mencopot stiker setelah pemasangan.

Selanjutnya, meminta Bupati Aceh Tamiang mengeluarkan surat edaran bahwa, tidak dibenarkan menggunakan mobil dinas diluar jarm kerja/dihari libur untuk kepentingan pribadi terkecuali bersifat urgen dan mengganti plat merah ke plat hitam.

Kemudian memberikan sanksi tegas kepada oknum yang melanggarnya, jika kedapatan mobil dinas plat merah digunakan untuk kepentingan pribadi diluar jam dinas, apakah itu digunakan di daerah ataupun diluar daerah,  maka mobil tersebut ditahan selama 1 bulan di Pemkab Aceh Tamiang.

Apabila tuntutan kami ini tidak di indahkan, maka kami akan terus melakukan aksi dengan masa yang lebih banyak serta memberhentikan mobil dinas yang tidak menggunakan stiker yang telah di sepakati.

Dikesempatan itu, Ketua DPRK Aceh Tamiang, Suprianto, ST dihadapan massa GARANG secara tegas menyatakan,  pihaknya mendukung dan menerima aspirasi yang disampaikan tersebut, bahkan pimpinan Dewan menandatangani petisi yang diberikan kepada DPRK setempat.

Setelah mendapatkan penjelasan dari Ketua DPRK Aceh Tamiang, Suprianto, massa GARANG pun menyampaikan apresiasinya kepada DPRK Aceh Tamiang yang telah menerima aspirasinya.
Sebagai bentuk dukungannya,  Ketua Dewan Suprianto secara simbolis turut menempelkan  stiker bertuliskan " Mobil Ini Dibeli Dengan Uang Rakyat" pada salah satu mobil dinas yang ada di DPRK Aceh Tamiang.
Kemudian sekira pukul 11.00 Wib, massa melanjutkan aksi damainya ke kantor Bupati Aceh Tamiang untuk menyampaikan hal yang sama.

Aksi Damai mereka pun di sambut oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang H. Basyaruddin, SH didampingi Asisten Pemerintahan Zulfiqar, SP.

Pada intinya, Pemerintah daerah juga mendukung terhadap aspirasi yang disampaikan oleh peserta aksi, “ Kami akan meneruskan tuntutan dari GARANG kepada Bupati Aceh Tamiang dan sesegera mungkin akan menindaklanjutinya,” ujar Sekda.

Melalui surat resmi dengan Nomor : 010/4441 Pemkab Aceh Tamiang menyampaikan dua butir penting kepada Koordinator GARANG, bahwa Pemkab akan mendukung penuh tuntutan aksi dalam hal penggunaan dan pemanfaatan mobil dinas sesuai peraturan yang berlaku.

Kedua, Pemkab akan mengusulkan kepada Gubernur Aceh, agar seluruh kendaraan dinas dalam wilayah Provinsi Aceh dipasang atau ditempel stiker melalui surat edarannya  keseluruh Pemerintah Kabupaten/ Kota di Wilayah Provinsi Aceh.

Selanjutnya, perwakilan dari GARANG juga meminta pihak Pemkab Aceh Tamiang untuk memasangkan stiker tersebut di salah satu mobil dinas milik pemerintah daerah.

Amatan media di lapangan, aksi tersebut berjalan damai hingga menjelang waktu shalat dzuhur massa pun mebubarkan diri secara tertib, (pakar).
Komentar

Berita Terkini