-->

Upacara Tabur Bunga Di Tugu Bersejarah Perjuangan Kemerdekaan

fiksumNews.com - Simalungun : Di Nagori Tangga Batu, Kec. Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, ada sebuah monumen bersejarah yaitu Tugu perjungan Kemerdekaan.

Di ceritakan 4 pejuang kemerdekaan yang gugur saat mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia sekitar tahun 1947 di kubur dalam satu liang lahat.

Sejatinya Jenazah para pejuang sudah dipindahkan dilokasi tertentu, namun untuk mengenang para pejuang-pejuang kemerdekaan yang gugur tersebut, pemerintah membagun sebuah menumen bersejarah. yang hingga kini terus diperingati, jelang sehari HUT Kemerdekaan, dengan menaburkan bunga di lokasi monumen tersebut.

Penaburan bunga diawali dengan upacara yang dipimpin komandan upacara Sertu P. Sinaga, inspektur upacara Camat Hatonduhan, Drs Zocson Silalahi MPD, peserta upacara para Kades, Gamot perangkat desa se-kecamatan Hatonduhan, UPT Kecamatan, Kepala sekolah, Kapus Hatonduhan dan Kapos Hatonduhan juga Ormas Pemuda setempat.

"Kegiatan ini memang setiap tahun dilaksanakan untuk mengenang jasa para pejuang kemerdekaan yang gugur saat itu, tutur Pak Camat Hatonduhan. Minggu (16/08/2020)

"ada 4 nama pejuang yang gugur saat mempertahan kemerdekaan di wilayah Kecamatan Hatonduhan khususnya Nagori Tangga Batu yang kala itu menjadi basis pertahanan dan mereka yang kubur disini, 1.Mail Gultom, 2.Hadi, 3.Muharrim, 4.Bismark Sinaga, seluruh jenazahnya sudah dipindahkan dan ini adalah monumen perjuangan. Kata Camat.

Dia menambahkan, "nilai perjuangan merekalah yang kita kenang, tanpa mereka mungkin kita masih terjajah, pesan saya kepada generasi muda, turuslah berkarya untuk memajukan bumi pertiwi dengan tidak melupakan jasa para pahlawan bangsa yang gugur merebut kemerdekaan, kata Camat Z. Silalahi.

Terpisah Babinsa Hatonduhan Sertu P. Sinaga, mengajak seluruh seluruh Kades, perangkat desa, Kepala Sekolah dan Dinas terkait untuk mengikuti Upacara Kemerdekaan RI Ke 75 yang di fokuskan di lapangan SMP Negeri 1 Hatonduhan untuk hadir tepat waktu, menurutnya,"surat edaran sesuai Juknis upacara kemerdekaan dilaksanakan pukul 07.00 pagi, kita harapkan peserta upacara hadir tepat waktu, katanya. (Aziz)
Komentar

Berita Terkini