Sambut Hari Mangrove Sedunia, Gubsu & Waka PoldaSu Tanam Mangrove Di Langkat.

fiksumNews.com - Gebang : Penanaman mangrove Kapoldasu Bersama Gubernur Sumatera Utara dalam rangka HUT RI Ke-75 Kemerdekaan RI dan memperingati hari mangrove sedunia di Hutan Dsn VIII Kelantan Luar Desa Pasar Rawa Desa Kec. Gebang Kab. Langkat, Senin (03 Agustus 2020).

Turut hadir dalam kegiatan penanaman mangrove,Gubernur Sumatera Utara H. Edy Rahmayadi, Kapolda Sumatera Utara diwakili oleh Waka Polda Sumut Brigjen  Pol DR. Dadang Hartanto, SH, SIK, M.Si, Pangdam I Bukit Barisan diwakili oleh Kasdam Brigadir Jendral TNI Didied Pramudito, SE,Direktur Jenderal PPKL Karliansyah. MS, KA Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara,Forkompinda Provinsi Sumatera Utara,Bupati Langkat Terbit Rencana, PA,Wakil Komandan Lantamal I Belawan, KA SPN Polda Sumut Kombes Teguh Y, SIK, MH, Kapolres Langkat AKBP Edi Suranta Sinulingga, SIK,Forkopimda Kab. Langkat, Forkopinca Kec. Gebang, Para Kades Kec. Gebang,Kelompok Masyarakat BPDASHL Wampu Sei Ular dan Ketua Kelompok LPAD Desa Pasar Rawa.

Sebanyak 2020 pohon mangrove serentak ditanam oleh Gubernur Sumatera Utara beserta unsur Forkompinda Provinsi Sumatera Utara.

Menteri LHK yang diwakili Dirjer PPKL dalam sambutannya mengatakan, " Jaga magrove untuk bumi kita",Setiapt tanggal 26 Juli kita memperingati hari Magrove Sedunia.

Jangan sampai kita kehilangan Magrove di Indonesia, karena banyaknya hutan mangrove berupa ahli fungsi seperti perkebunan, perumahan, Industri maupun dijadikan tempat wisata.

Magrove adalah salah satu sumber tempat hidup beberapa hewan maupun lainnya.

Pemerintah telah berupaya melakukan kegiatan perbaikan hutan mangrove, pelaksanaan kegiatan menanam mangrove dilakukan di seluruh di Indonesia dengan menanam 2020 pohon mangrove diseluruh masing masing Provinsi di Indonesia.

Lebih lanjut, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah berpartisipasi dalam acara kegiatan pada hari ini.ujarnya.

Ditempat yang sama,Gubernur Sumatera Utara H.Edy Rahmayadi dalam sambutannya menyampaikan agar masyarakat dan kita semuanya selalu menggunakan masker pada saat melakukan setiap kegiatan, Selalu mencuci tangan, dan menjaga kesehatan serta selalu menjaga jarak.

Kenapa tuhan memberikan ujian dan cobaan covid 19 kepada kita,karena kita semuanya tidak pernah menjaga alam kita.

Magrove saat ini sangat memperihatinkan, karena saat ini banyak hutan mangrove beralih fungsi menjadi tanaman kelapa sawit salah satu contoh sawit yang disebelah kita ini.

Saya bertanya kepada pak Bupati Langkat kenapa ada pohon sawit namun Bupati Langkat tidak tahu milik siapa perkebunan sawit,ujar Gubsu.

Jangan sampai kita nantinya diakhirat ditanyakan apa yang dilakukan Bupati Langkat selama menjadi Bupati Langkat dan selama ini di mana pejabat  lingkungan hidup Kab. Langkat.

Saya berharap masyarakat dan kelompok kelompok Magrove dapat berpartisipasi dalam menjaga hutan mangrove demi kebaikan kita bersama, mudah - mudahan kehadiran saya disini mengurangi dosa saya karena telah sama-sama berpatisipasi dalam kegiatan ini.

Lebih lanjut Gubsu menyampaikan, mari sama - sama kita jaga hutan mangrove kita demi kelangsungan hidup kita dan kelangsungan hutan mangrove, penanaman Pohon Mangrove hari ini bersama saya serta elemen pemerintah dan masyarakat dalam rangka HUT RI Ke 75 dan memperingati hari Magrove sedunia yang jatuh tanggal 26 Juli 2020 yang ditetapkan UNESCO sebagai Internasional Magrove.

Hutan Mangrove memberikan banyak manfaat bagi kita antara lain Mencegah Instrusi Air laut, Mencegah Erosi dan abrasi Pantai, Sebagai tempat hidup dan sumber makanan beberapa jenis satwa yang memberikan manfaat ekologi dan ekonomi bagi masyarakat dan Memberikan kontribusi besar kepada Mitigasi dalam upaya pengurangan pamanasan Global,tutupnya.(reny).
Komentar

Berita Terkini