-->

Pemkab Labuhanbatu Selenggarakan Khitan Masal Di Kecamatan Pangkatan

fiksumNews.com : Labuhanbatu - Terhitung ada 140 anak berasal dari 7 desa se- Kecamatan Pangkatan mengikuti khitan masal gratis yang di gelar oleh dinas kesehatan kabupaten labuhanbatu  berlangsung di puskesmas pangkatan Selasa (18/08/2020).

Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe ST,MT didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj.Rosmanidar Hasibuan yang hadir saat itu memberikan buah tangan kepada seluruh peserta khitan masal berupa kain sarung dan tips uang jajan.

Selain mengkhitan 140 anak, giat program keumatan dimaksud di rangkai dengan penyantunan terhadap 20 orang kaum duafa 10 orang anak yatim, pemberian penghargaan Bidan terbaik dan pembagian kartu BPJS gratis kepada 60 Kepala Keluarga. Di kesempatan yang sama ketua TP.PKK Labuhanbatu juga memberikan asupan vitamin A kepada kepada tiga orang balita dan menyerahkan secara simbolis tambahan asupan makanan sebanyak 100 paket kepada ibu hamil dan anak kurang mampu.

Pada kesempatan itu Bupati Labuhanbatu menyampaikan sunat atau khitan adalah suatu kewajiban kita kaum laki-laki umat muslim, dari itu hari ini kita adakan khitan masal yang telah termasuk dalam program keumatan dengan tujuan untuk meringankan beban orang tua dilabuhanbatu ini untuk melaksanakan perintah Allah ini.

Program keumatan ini berjalan ditahun 2020 , dengan target 1000 anak dan sampai hari ini sudah tercatat 600 anak yang sudah kita khitankan, mengapa ini kita lakukan, karena saya yakin sekali masih banyak masyarakat yang membutuhkan uluran tangan dari kita.ujar Bupati.

Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu H.Kamal Ilham S.Km menyebutkan, Khitan adalah suatu ritual yang menandakan laki- laki muslim beranjak dewasa, dari itu sudah kewajiban kita untuk mengikutinya, Hari ini atas perintah Bupati Labuhanbatu kita melaksanakan program keumatan yang telah beliau laksanakan sebelumnya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan bantuan untuk menghitankan anaknya.ucap Kamal.(M,Syarif)
Komentar

Berita Terkini