-->

Panitia BKM Shufi Tanah Pemda Sembelih 8 Ekor Hewan Qurban Idul Adha 1441.H


fiksumNews.Com-Simalungun: Di tengah pandemi virus corona yang saat ini terjadi,sedekah akan sangat bermakna,seperti dikatakan Ustad Adi Suhadi pada cerama menyambut hari raya Idul Adha di Mesjid Shufi Prumnas Menahol Kelurahan Perdagangan III,Kecamatan Bandar.

“Qurban menjadi salah satu sunnah yang dilakukan umat Islam di bulan Dzulhijjah,hukum dan dalil qurban tertulis dalam Quran surat Al Hajj ayat 34 yang berbunyi,

وَلِكُلِّ اُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِّيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۗ فَاِلٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ فَلَهٗٓ اَسْلِمُوْاۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِيْنَ ۙ

wa likulli ummatin ja’alnā mansakal liyażkurusmallāhi ‘alā mā razaqahum mim bahīmatil-an’ām, fa ilāhukum ilāhuw wāḥidun fa lahū aslimụ, wa basysyiril-mukhbitīn.

Artinya: Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak.

Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya,dan sampaikanlah (Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).

Disituasi Pandemi melanda Indonesia,khusunya Kabupaten Simalungun,menggerus perekonimian warga,dengan hikma Idul Adha mari kita buka hati untuk berbagi,kata Ustad Adi.

Senada dengan itu,Direktur LPPTKA BKPRMI Kecamatan Bandar Reza Septa Prayuda Spd yang cukup antusias melihat proses penyembelihan hewan- hewan kurban.

Pada keterangannya Reza mengatakan,”proses penyembelihan sepenuhnya diserhakan pada panitia,dan panitia juga mengantar daging kurban ke rumah-rumah warga,dengan datangnya Idul Adha, banyak warga yang menyembelih sapi maupun kambing,hal itu dapat meringankan beban warga yang kurang mampu.

“Dalam hadits riwayat Ibnu Majah, Rasulullah menjelaskan dasar hukum qurban adalah di setiap bulu hewan yang disembelih terdapat kebaikan,Dari Zaid bin Arqam, seseorang bertanya ‘Ya Rasulullah, apakah arti qurban ini..? beliau menjawab “Ini Sunnah Ibrahim AS,Beliaupun ditanya lagi,mengapa kita harus melakukannya ? Beliaupun menjawab,”Pada setiap bulunya terdapat kebaikan.

“Apa Hukumnya Berkurban?
Dasar hukum qurban dan ketentuannya tertulis dalam Quran surat Al Kausar ayat 1-3. Dalam surat itu, Allah SWT berfirman agar umat Islam melaksanakan qurban sebagai ibadah mendekatkan diri kepada-Nya,jelas Reza.

Pantawan reporter dilokasi,ketua panitia Dario Amd,Mpd didampingi Kepling Sumanto,tokoh agama Hariman Lubis,tokoh masyarakat Burhanuddin Sitorus,dan tokoh pemuda DPK bkprmi Kecamatan Bandar,menyembelih 4 ekor sapi dan 4 ekor kambing untuk dibagikan pada warga yang ada diprumnas manahol dan sekitarnya,jumlah para Qurban 32 orang masyarakat,(HN)
Komentar

Berita Terkini