Gara-gara Penduduknya 14 KK, ADD Kampung Perk Alur Jambu Dihentikan.


Ket. Foto : Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMKPPKB) Aceh Tamiang, Mix Donal, Jumat (28/8).

fiksumNews.com - Aceh Tamiang : Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang secara tegas telah menghentikan penyaluran Alokasi Dana Desa (ADD) Kampung Perkebunan Alur Jambu Kecamatan Bandar Pusaka.

Hal ini disebabkan penduduk kampungnya hanya di huni oleh 14 Kepala Keluarga (KK), artinya tidak memenuhi syarat bagi kampung tersebut untuk mendapatkan penyaluran Alokasi Dana Desa (ADD)," sebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMK-PPKB) Aceh Tamiang, Mix Donal, SH, Jumat (28/8) di ruang kerjanya.

Dari jumlah 14 KK tersebut hanya dua KK yang berdomisili di Kampung itu, sementara selebihnya berada diluar Kampung, "KTP mereka beralamatkan di Kampung Perkebunan Alur Jambu, namun  tinggalnya diluar," tambhnya.

Mix Donal menjelaskan, Kampung tersebut menerima penyaluran Alokasi Dana Desa (ADD) hingga mencapai Rp. 800 juta di setiap tahunnya, nilai tersebut hampir menyerupai ADD kampung lain yang jumlah penduduknya banyak.

Sementara keberadaan kampungnya berada di dalam kawasan HGU Perusahaan Perkebunan. "Oleh karena itu,  dasar ini lah penyaluran ADD-nya di hentikan agar tidak ada masalah secara hukum," tegasnya.

Menurut Mix Donal dari 213 Kampung yang ada Kabupaten Aceh Tamiang, terdapat 17 Kampung berada dalam kawasan HGU Perusahaan Perkebunan, namun jumlah penduduknya lebih banyak dari Kampung Perkebunan Alur Jambu, terangnya.

Untuk saat ini, pihaknya sedang melakukan evaluasi untuk mencari solusi terbaik dalam pengelolaan ADD terhadap kampung yang berada dalam Areal HGU Perusahaan Perkebunan, agar tidak terbentur dengan hukum," jelasnya.

Secara rinci, Mix Donal menyebutkan ke 17 kampung yang berada dalam Areal HGU Perusahaan Perkebunan di Kabupaten Aceh Tamiang masing - masing :

1. Kampung Bukit Panyang Sa Kecamatan Manyak Payed.

2. Dua kampung dalam Kecamatan Bendahara masing - masing Kampung Perkebunan Sungai Iyu dan Kampung Perkebunan Upah.

3. Lima kampung dalam Kecamatan Karang Baru masing - masing Kampung Bukit Keranji, Kebun Afdeling Seleleh, Kebun Tanah Terban dan Kebun Tanjong Sementok.

4. Dua kampung dalam Kecamatan Seruway masing - masing Kampung Perkebunan Gedung Biara dan Perkebunan Seruway.

5. Dua kampung dalam wilayah Kecamatan Kejuruan Muda masing - masing Kampung Kebun Sungai Liput dan Kebun Simpang Kanan.

6. Kampung Pulau Tiga Kecamatan Tamiang Hulu.

7. Kampung Perkebunan Alur Jambu Kecamatan Bandar Pusaka.

8. Dua kampung dalam Kecamatan Rantau masing - masing Kampung Kebun Rantau dan Kampung Pertamina.

9. Kampung Kebun Batang Ara Kecamatan Sekerak, (pakar).
Komentar

Berita Terkini