Tokoh Melayu Stabat Minta PTPN II Segera Okupasi Lahan Kelapa Sawit Di Kwala Bingai.

Ket Photo : Pememasangan plang PTPN II di lahan masih berstatus HGU yang sempat dikuasai para penggarap.

fiksumNews.com : Langkat – Dirut PTPN II, Marisi Butar-butar diminta untuk serius dalam melakukan upaya penertiban dan pengamanan aset perusahaan lahan milik PTPN II Kwala Bingai. Pasalnya, meski sudah melakukan upaya penertiban di lahan perkebunan tebu, namun sebagian lahan tanaman sawit milik PTPN II Kwala Bingai, hingga kini diduga masih banyak dikuasai oleh para penggarap.

Pantauan fiksumNews.com di lokasi, terdapat beberapa areal lahan perkebunan sawit milik PTPN II Kwala Bingai yang masih dikuasai para penggarap seperti di Pasar V, Pasar VI, Pasar VII, Kelurahan Kwala Bingai dan Pasar XII, Desa Banyumas Kecamatan Stabat.

Para penggarap bebas melakukan cocok tanam seperti jagung dan semangka di dekat pohon sawit yang sudah diracun hingga mati.

Aksi pengerusakan tanaman kelapa sawit sampai mati sudah pun dilaporkan ke Polres Langkat,namun sampai kini proses hukum laporan pengaduan terkait pengerusakan tanaman sawit sesuai Nomor STPL/760/XI/2018/SU/LKT masih jalan di tempat.

“Kami mohon kepada Pak Dirut untuk turun langsung melihat keadaan lahan milik PTPN II, dimana banyak tanaman sawit yang mati diracun oleh penggarap agar mereka bisa leluasa menanam jagung dan semangka disini,” kata Burhanuddin selaku tokoh adat Melayu di Langkat, Rabu (1/7/2020) siang.

Kendati demikian, Burhanuddin mengapresiasi tindakan tegas yang dilakukan PTPN II terkait penertiban dan pengamanan aset perusahaan PTPN2 Kwala Bingai seluas 66,9 HA dengan ijin HGU 2003-2028 yang sebelumnya dikuasai oleh penggarap.

“Setelah lahan tebu kalau bisa segera dilakukan okupasi di perkebunan sawit yang sampai sekarang masih dikuasai sama penggarap,” katanya.

Manager PTPN II Kwala Bingai Hendrik Hutabarat dan Askep PTPN II Kwala Bingai Guspar Purba saat ditemui membenarkan adanya penertiban dan pengamanan aset perusahaan PTPN2 Kwala Bingai.

“Penanaman tebu kembali dilakukan PTPN 2 Kwala Bingai sesuai program pemerintah melakukan Swasembada gula. Jadi PTPN 2 Kembali menghidupkan dua pabrik, pabrik gula Kwala Madu dan pabrik gula Sei Semayang,” kata manager.(reni)
Komentar

Berita Terkini