Team Polsek Kualuh Hulu Lakukan Pendinginan Karhutla di Desa Kuala Beringin.

fiksumNews.com : Labura - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang diduga terjadi areal lahan perkebunan warga di Dusun V Pardomuan Nauli, Desa Kuala Beringin, Kec. Kualuh Hulu, Kab. Labuhanbatu Utara, Selasa (30/6/2020).

Akibat peristiwa ini, beberapa personil gabungan Polsek Kualuh Hulu, Kepala Dusun V Pardomuan Nauli, Kaur Umum Pemdes, Pemilik lahan Junior Hermanto Sihombing serta bantuan  2 warga setempat turut di terjunkan untuk melakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi Karhutla tersebut.

Kapolsek Kualuh Hulu, AKP Sahrial Sirait, SH,MH, didampingi Bhabinkamtibmas AIPDA Poniran dan personil Polsek Kualuh Hulu kepada awak media, Selasa (30/6/2020) mengatakan, berdasarkan informasi dilapangan malam itu sekira pukul 19:45 wib,  Pemadaman menyampaikan bahwa api sudah padam dan saat ini dilakukan giat pendinginan.

"Secara keseluruhan sejak tadi malam pukul 23:00 wib, api sudah Padam dan hari ini giat pendinginan akan kita lanjutkan, semoga cuaca hari ini tidak terlalu terik dan angin tidak terlalu kencang sehingga lokasi karlahut dapat kita dinginkan," ungkap Mael Lee, menirukan ucapan AKP Sahrial Sirait,SH,MH.

Mael Lee melanjutkan, Lahan yang terbakar dari informasi yang didapatkan dilapangan bahwa penyebab kebakaran dikarenakan adanya aktifitas warga yang menumpang dilahan tersebut untuk melakukan tanaman tumpang sari dan berniat melakukan pembersihan lahan yang sebelumnya ditanami dengan cara dibakar.

Disamping itu, lanjut Mael Lee, tim Polsek Kualuh Hulu, Kepala Dusun V Pardomuan Nauli, Kaur Umum Pemdes, Pemilik lahan  serta 2 orang warga setempat, telah berada di lokasi sejak terjadi karhutla.

"Lokasi kejadian Karhutla dari jalan lintas Sumatera ini masuk kedalam lebih kurang 15 kilo. Lokasi Karhutla ini terletak di Dusun V Padomuan Nauli Desa Kuala Beringin.

"Malam ini, saya dan Team Gabungan telah berada di lokasi karhutla untuk melanjutkan Pendinginan dan semoga cuaca malam ini mendukung tidak terlalu angin kencang, sehingga proses pendinginan dapat berjalan lancar.

Giat berjalan dengan lancar sehingga selesai pemadaman pukul 23:00 wib,Kapolsek memberikan arahan dan himbauan kepada warga agar tidak melakukan pembakaran lahan, "ungkapnya.(Mael Lee)
Komentar

Berita Terkini