-->

Ratusan Masyarakat Kampung Alur Bemban Laksanakan Shalat Iedul Adha

fiksumNews.com - Aceh Tamiang : Ratusan Masyarakat Kampung Alur Bemban, Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, Jumat (31/7) melaksanakan shalat Idul Adha 1441H di Masjid Babul Falah Kampung Setempat.

Bertindak selaku imam dan Khatib T. M. Hamdani, S.Sos.i Dalam khutbahnya, mengulas tentang keutamaan berqurban bagi ummat Islam adalah untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT.

Idul Adha merupakan salah satu hari besar umat Islam. Perayaan Idul Adha 1441H dilakukan bersamaan dengan dilaksanakannya ibadah haji di Mekkah saat para jamaah sedang melakukan Wukuf atau istirahat di Arafah.

Ustadz T. M. Hamdani S.Sos.i  Dalam Khutbahnya menyampaikan, Setiap tahunnya, ummat Muslim di seluruh dunia merayakan hari raya Iedul Adha. Namun, Idul Adha 2020 ini bersamaan dengan adanya pandemi virus corona.
Idul Adha merupakan salah satu tanggal penting dalam kalender Islam yang ditandai dengan puncak ibadah Haji di Mekkah,
Hari raya ini dalam rangka memperingati kisah Nabi Ibrahim dalam Al Quran yang diperintahkan untuk mengorbankan putranya Nabi Ismail As sebagai tanda ketaatannya.

Hal itu tertulis dalam Al Quran surat As Saffat ayat 102 yang berbunyi :
Arab: فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يٰبُنَيَّ اِنِّيْٓ اَرٰى فِى الْمَنَامِ اَنِّيْٓ اَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرٰىۗ قَالَ يٰٓاَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُۖ سَتَجِدُنِيْٓ اِنْ شَاۤءَ اللّٰهُ مِنَ الصّٰبِرِيْنَ
Latin : fa lammā balaga ma'ahus-sa'ya qāla yā bunayya innī arā fil-manāmi annī ażbaḥuka fanẓur māżā tarā, qāla yā abatif'al mā tu`maru satajidunī in syā`allāhu minaṣ-ṣābirīn
Artinya: Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, "Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. 
Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!" Dia (Ismail) menjawab, "Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar."

Kemudian, Allah SWT menggantikan anak Nabi Ibrahim, Ismail dengan sembelihan yang dipercaya sebagai seekor kibas.

Untuk memperingati ujian Allah SWT atas Nabi Ibrahim, umat Islam pun melakukan penyembelihan hewan qurban dan mendistribusikan dagingnya kepada keluarga, tetangga, dan orang miskin.

Idul Adha dirayakan pada 10 Dzulhijjah dalam kalender Islam atau bersamaan dengan pelaksanaan ibadah Haji di Mekkah, terangnya.

Selanjutnya, Ustadz T. M. Hamdani S.Sos.i menyimpulkan,  agar kita senantiasa melaksanakan qurban, terutama bagi siapa saja yang memiliki kemudahan harta dan kemampuan.

Jangankan harta benda, anaknya pun di Qurbankannya jika itu memang perintah Allah SWT, kata Ustadz Hamdani menceritakan Hikayat Nabi Ibrahim As.

Oleh karena itu, melaksanakan qurban itu untuk mendidik kita agar dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, mampu bersabar, saling berbagi serta peduli antar sesama, tutupnya (pakar).
Komentar

Berita Terkini