-->

Pasien Reaktif Virus Covid-19 Di Aceh Tamiang Masih Menjalani Karantina Dan Isolasi Mandiri

fiksumNews.com - Aceh Tamiang : Terkait terpaparnya beberapa Warga Kampung (Desa-red) Purwodadi kecamatan Kejuruan Muda, saat ini masih tetap menjalani Karantina Dan Isolasi Mandiri.

Hal tersebut di benarkan oleh Datok Penghulu Kampung Purwodadi, Gamal Putra kepada fiksumNews.com, Selasa(28/7) kemarin diruang kerjanya, bahwa proses penyebaran virus covid-19 di desanya berawal salah seorang warganya berinisial M(Perempuan) yang mempunyai riwayat perjalanan Aceh Tamiang ke Medan untuk mengantarkan anaknya Kuliah.

Selain itu, kata Datok, M juga memiliki riwayat penyakit Asma dan lambung, seiring berjalannya waktu, M tersebut terpapar penularan virus covid-19.

Hal itu diketahui, pada saat M melakukan Rapid Test di Gedung SKB melalui surat pengantar dari Desa untuk mendapatkan surat keterangan kesehatan sebagai  persyaratan untuk menuju ke kota Batam.

Setelah dilakukan Rapid Test oleh petugas kesehatan di Gedung SKB dan dari hasil tersebut maka M dinyatakan reaktif covid-19.

Setelah, beberapa hari kemudian, petugas Dinas Kesehatan mendatangi M untuk dilakukan Rapid Test, dan hasil tes yang dilakukan oleh petugas kesehatan kabupaten Aceh Tamiang tersebut Langsung dikirim ke Banda Aceh untuk mendapatkan hasilnya.

Selanjutnya, setelah beberapa hari kemudian, hasil swab tersebut dinyatakan positif oleh pihak dokter Rumah Sakit Zainal Abidin Banda Aceh.

Kemudian, Sambung Gamal Putra, pihak dinas kesehatan kabupaten aceh tamiang melalui Puskesmas Kecamatan Kejuruan Muda melakukan tracking dan tracing terhadap kepada siapa saja sering melakukan kontak erat, termasuk keluarga, kerabat, warga yang berada di sekitar tempat tinggalnya.

Ketika itu, petugas puskesmas melakukan Rapid Test kembali kepada warga Purwodadi termasuk seluruh perangkatnya sebanyak 31 orang.

Dari hasil Rapid Test tersebut, petugas kembali menemukan tiga orang warganya berjenis kelamin perempuan reaktif virus covid-19, masing-masing berinisial P, H dan Z yang juga masih berdomisili di dusun yang sama di Kampung Purwodadi, ungkap Datok.

Selanjutnya, Ketiga orang warganya itu dilakukan uji swab dan dinyatakan hasilnya positif, kata Datok Penghulu Kampung Purwodadi sambil menjelaskan bahwa hasil tersebut menurut keterangan Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang.

Kemudian petugas puskesmas kembali melakukan tracking terhadap ketiga warganya yang dinyatakan reaktif terpapar virus covid-19 dan berhasil menemukan tiga orang lagi masing-masing berinisial S, V dan Z.

Dari ketujuh orang warganya itu dilakukan Karantina oleh gugus tugas covid-19 kabupaten aceh tamiang bertempat di Wisma Sanggar Kegiatan Belajar(SKB) Kabupaten Aceh Tamiang
Terkait berkembang isu, ketujuh orang warganya yang terpapar virus covid-19 dan meronta-ronta tidak bersedia dilakukan Karantina, itu tidak benar.

Disebutkannya, bahwa untuk pasien yang terpapar virus covid-19 berinisial V, saat ini masih menjalani isolasi mandiri di rumahnya dan itu tetap dalam pengawasan pemerintah desa dan gugus tugas covid-19 kabupaten aceh tamiang.

Sementara untuk pasien yang lainnya masih menjalani karantina di Wisma SKB Kabupaten Aceh Tamiang.

Beliau juga berharap, agar warganya untuk terus mendukung pogram Pemerintah dalam memutuskan mata rantai penyebaran virus covid-19, ikuti aturan pemerintah, gunakan masker saat beraktifitas di luar, hindari berkerumun, selalu jaga kebersihan, pungkasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Tamiang juga telah  menginformasikan Tiga kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 melalui metode Rapid Diagnostic Test (RDT).

Kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut terdapat di Kampung (Desa-red) Purwodadi Kecamatan Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang, Selasa (28/07).

Diketahui hasil pemeriksaan oleh Petugas Medis, terdapat Tiga Warga Purwodadi terkonfirmasi positif Covid-19 dari kontak erat kasus Positif 10.

Beberapa hari sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang juga menginformasikan tiga (3) orang warga Kampung Purwodadi terkonfirmasi positif melalui Uji Swab yang dikeluarkan oleh Balitbangkes melalui Dinas Kesehatan Aceh.

Ketiga orang tersebut memiliki riwayat melakukan kontak erat dengan kasus positif 10.

Dengan begitu, terdapat sebanyak 7 (tujuh) orang warga Kampung Purwodadi Kecamatan Kejuruan Muda yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kemudian, Tim Dinas Kesehatan Aceh Tamiang mengambil langkah penanganan, agar ketujuh warga yang terkonfirmasi positif   untuk dapat menjalani karantina yang di fasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang.

“Ketujuh warga terkonfirmasi positif tersebut, empat  terkonfirmasi positif kasus no 10, 11,12 dan 13, sedangkan yang 3 (tiga) orang lagi juga turut dikarantina karena hasil Rapid Tes menunjukkan reaktif “, jelas dr. Hardekky kepada Kabag. Humas Agusliayana Devita.

Hardekky menjelaskan, mereka sudah dikarantina sejak 26 Juli 2020 tepat pada hari minggu malam.

“Ketujuh warga ini dikarantina, selain riwayat kontak erat, rumahnya pun saling berdekatan satu dengan yang lain, bahkan ada yang dalam satu rumah. Kita ambil tindakan untuk Karantina Terpusat kepada mereka, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 agar benar-benar melakukan isolasi mandiri secara disiplin pada tempat yang telah disediakan”, terang Hardekky lagi.

Hardekky menambahkan, bahwa secara umum kondisi mereka sehat dan masuk dalam kategori orang tanpa gejala.
Hingga berita ini di rilis jumlah warga yang terkonfirmasi berjumlah 13 (tiga belas) orang dengan rincian 8 (delapan) orang sembuh dan 5 (lima) orang masih terkonfirmasi positif, dimana 1 (satu) orang positif menjalani isolasi mandiri dirumah, sedangkan 4 (empat) orang menjalani isolasi mandiri yang disediakan Pemkab Aceh Tamiang di Wisma SKB, (pakar).
Komentar

Berita Terkini