Kejar Target, Program TMMD Reg 108 Kodim 0117/Atam Terus Di Pacu

fiksumNews.com - Aceh Tamiang : Program TMMD Reguler Ke-108 Kodim 0117/Atam berupa kegiatan fisik yakni Jalan penghubung di Desa Seumadam Kecamatan Kejuruan Muda hingga ke Desa Rimba Sawang Kecamatan Tenggulun Kabupaten Aceh Tamiang terus berlanjut.

Saat ini, Kegiatan pekerjaan fisik  dilapangan terus di pacu berupa perkerasan badan jalan, pemasangan gorong-gorong jalan di empat(4) titik lokasi hingga dapat diselesaikan ke titik akhirnya di STA - 0+3100.

Untuk mengejar target penyelesaiannya, beberapa alat berat berupa Greader, Exavator dan Compact serta belasan Mobil Dan Truk kita kerahkan dilapangan, Ucap Dansatgas TMMD Reg 108 Letkol Inf Deky Rayusyah Putra, S.Sos, M.I.Pol melalui Koordinator Kegiatan TMMD Reg 108 dan juga Perwira Staf Teritorial (Pasiter) Dim 0117/Atam Lettu Inf. Faisal Hadi ketika di temui fiksumNews.com, Sabtu, (11/7)di posko kegiatan Desa Seumadam Kecamatan Kejuruhan Muda Kabupaten Aceh Tamiang.

Selain itu, sambung Lettu Inf Faisal Hadi, Kegiatan ini dapat diselesaikan sesuai target, namun itu juga tergantung dengan kondisi alam yang mendukung.

Diakuinya, kendala di lapangan sudah tentu ada, salah satunya jika hujan turun, maka pekerjaan menjadi terhambat mengakibatkan jalannya menjadi licin sehingga sulit untuk mengangkut material.

Kemudian, jika turun hujan berdampak pula pada kondisi air sungai pun bertambah dalam, sehingga material batu untuk penimbunan jalan tidak dapat ambil.

Untuk pengambilan material batu, kita juga harus mendatangkannya dari luar lokasi sasaran TMMD yakni di Desa Kaloy kecamatan Tamiang Hulu, sebut Koordinator Kegiatan TMMD Reg 108 Lettu Inf Faisal Hadi.

Kegiatan TMMD Reg 108 ini juga turut di bantu oleh masyarakat setempat, masing-masing Desa menyumbangkan tenaganya dengan mengirimkan 15 orang warganya secara bergantian dan sifatnya bergotong royong.

Kemudian, sambung Koordinator Kegiatan TMMD Reg 108 Lettu Inf Faisal Hadi, 
Pembukaan dan perkerasan badan jalan oleh TMMD ini telah over kapasitas(melebihi volume) dari jadwal yang telah ditentukan.

Untuk program pengerjaan pembukaan dan perkerasan badan jalan oleh TMMD sepanjang 3100 Meter, saat ini dilapangan menjadi 4000 meter, artinya telah lebih 900 meter dari pekerjaan yang di targetkan sebelumnya.

Disebutkannya, untuk kegiatan non fisik, ada dua kegiatan lagi yang belum rampung dilaksanakan, diantaranya kegiatan sosialisasi bahayanya Narkoba dan penyuluhan pertanian, pungkas Lettu Inf Faisal Hadi.

Kemudian, dipandu oleh Kopda Fauzi anggota Kodim 0117/Atam, Wartawan fiksumNews.com turun Ke lokasi kegiatan di Desa Seumadam Kecamatan Kejuruhan Muda dan di Desa Rimba Sawang Kecamatan Tenggulun Kabupaten Aceh Tamiang.
Di lokasi kegiatan, Syamsul Bahri di dampingi beberapa rekannya  warga Seumadam menceritakan sedikit kondisi awal sebelum berjalannya program TMMD Reguler 108 kepada fiksumNews.com.

Diterangkannya, bahwa jalan ini sebelumnya memang sudah ada dan merupakan jalan penghubung untuk kedua Desa yang dimaksud.

Namun, kondisinya sangat memprihatikan sekali, disamping jalannya berlumpur dan berbukitan sehingga sangat sulit untuk dilalui bagi kenderaan, baik roda dua maupun roda empat, kata Syamsul.

Alhamdulillah, ucapnya, berkat program TMMD kini jalan penghubung tersebut telah dapat dimanfaatkan, walaupun belum selesai dikerjakan, namun warga tidak lagi merasa kesulitan untuk melaksanakan aktifitas baik di Desa Seumadam maupun di Desa Rimba Sawang, sebutnya penuh dengan kepolosannya.
Diakuinya, bahwa warga setempat telah lama mengharapkan kepada pemerintah agar jalan penghubung di kedua Desa tersebut dapat dibangun, namun harapannya itu baru dapat terealisasi pada tahun ini melalui program TMMD Reguler 108.

Kami bersyukur dan berterima kasih kepada TNI khususnya pelaksana kegiatan pembangunan jalan ini, dengan dibangunnya jalan ini akan mempermudah bagi kami untuk mengangkut hasil produksi kebun ketika di musim panen, semoga program ini dapat terus berlanjut untuk kepentingan masyarakat, harapnya mengakhiri.

Dilokasi yang berbeda, tampak alat berat Exavator, Greader dan Compact sedang beroperasi mengerjakan peningkatan badan jalan dan sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Kemudian beberapa prajurit personil TNI Kodim 0117/Atam sedang mengerjakan pembangunan dua unit rumah tidak layak huni untuk warga yang tidak mampu di kedua Desa tersebut.

Tidak hanya pada kegiatan program TMMD saja, sejumlah personel TNI Kodim 0117/Atam juga turut bergotong royong bersama warga melakukan pengreban jembatan dengan bentang sepanjang 12 Meter berlokasi di Desa Rimba Sawang Kecamatan Tenggulun Kabupaten Aceh Tamiang.

Datok Penghulu (Kades-red) Desa Rimba Sawang Said Razali saat dilokasi pengreban jembatan mengatakan, mewakili warganya mengucapkan terima kasih kepada Dansatgas TMMD Reg 108 serta seluruh jajarannya atas terlaksananya program ini.

Said Razali menambahkan, walaupun belum selesai 100% pekerjaannya, masyarakat sudah merasa senang karena jalan dan jembatan sudah di renovasi sehingga masyarakat tidak lagi merasa terhambat dalam melaksanakan kegiatan sehari-harinya.

Masyarakat juga merasa senang sekali dengan adanya program TMMD Reg 108 Kodim 0117/Atam ini. Selain itu Datok Penghulu (Kades) juga berharap, mudah-mudahan pemerintah daerah bisa menganggarkan anggaran biaya renovasi jembatan ini menjadi jembatan permanen.(pakar).
Komentar

Berita Terkini