DPKP Aceh Tamiang Terima Bantuan 1 Unit Excavator Dari Kementerian.

fiksumNews.com - Aceh Tamiang : Dinas Pangan, Kelautan Dan Perikanan (DPKP)  Kabupaten Aceh Tamiang, Terima bantuan satu unit alat berat (Excavator) senila, Rp1,33 miliar dari Dirjen Budidaya, Kementerian Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia, Kamis (16/7).

Kepala DPKP, Aceh Tamiang Safuan, SP. menyebutkan, Jum'at (17/7) Bantuan Excavator tersebut diterimanya langsung di Kantor kementerian Kelautan dan Perikanan RI -Jakarta.

Selanjutnya di peruntukkan kepada masyarakat didalam pengembangan Budidaya Ikan dan Udang di Kecamatan Manyak Payed, Kecamatan Bendahara, Banda Mulia dan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang.

Escavator Rehab Tambak, Normalisasi Alur Tambak, Cetak Tambak Baru dan kebutuhan lain yang diperlukan oleh Kelompok Budidaya Ikan dan Udang (Pokdakan).

“Bantuan alat berat tersebut secara optimal akan difungsikan  sesuai peruntukkannya, guna  peningkatan ekonomi masyarakat khususnya petani tambak di Aceh Tamiang,” jelas Kepala DPKP, Aceh Tamiang. Safuan, SP.

Selain itu juga, bantuan tersebut untuk meringankan beban biaya operasional pengolahan tambak yang selama ini dihadapi oleh mereka (Pokdakan). Sehingga dapat meningkatkan hasil produksi Ikan dan Udang Tambak, sebutnya.

Diharapkannya, bantuan ini dapat dimanfaatkan sebagaimana fungsinya dalam mendorong  peningkatan hasil produksi tambak ikan dan udang yang ada di Aceh Tamiang.

Kemudian, Pengolahan Irigasi Tambak Partisipatif (Pitap) senilai Rp.225 juta, dilakukan secara swakelola dan partisipatif oleh Kelompok Masyarakat Sungai Kuruk III di Kecamatan Seruway  untuk membersihkan saluran irigasi secara manual tanpa menggunakan Excavator, agar mangrove yang ada tidak rusak.

Safuan SP berharap melalui Program Pitap tersebut, dapat  menjadikan saluran irigasi lancar serta mampu meningkatkan hasil produksi tambak dan meningkatnya nilai ekonomi masyarakat.“ harapnya mengakhiri. (pakar)
Komentar

Berita Terkini