Belasan Dokter dan Perawat RSUD Atam Terkonfirmasi Positif Corona

fiksumNews.com - Aceh Tamiang : Sedikitnya 16 orang Dokter dan perawat RSUD Aceh Tamiang dinyatakan terkonfirmasi positif Virus Corona berdasarkan hasil swab yang dikirim pihak Balitbangkes Banda Aceh.

“Benar, kemarin ada delapan, kemudian ada penambahan delapan lagi, tadi malam sudah dikirim hasilnya oleh Provinsi, jadi ada 16 orang yang positif,” kata Kadis Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang, Ibnu Azis, Kamis (30/7/20).

Menurut Azis ke 16 tenaga medis yang terpapar corona didominasi dokter dan beberapa perawat. Mereka sebelumnya telah menjalani tes swab bersamaan.

Untuk itu Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh Tamiang akan melakukan tes swab massal terhadap seluruh tenaga medis di RSUD Aceh Tamiang.

Untuk mencegah RSUD tidak menjadi klaster baru, pihak Gugus Tugas akan melakukan tes swab terhadap seluruh dokter dan tenaga medik di RS tersebut.
“Kemungkinan tidak selesai hari ini kita melakukan swab terhadap 100 orang lagi. IGD sudah ditutup hari ini, sesuai laporan ke Gugus ada delapan dokter IGD positif Covid-19,” terangnya.

Ke 100 tenaga medis yang akan di swab orang-orang telah di trakcking meliputi, staf IGD, petugas di ruang rekam medik, poli anak dan poli gigi semua akan dipanggil.

Sementara, pasien di RSUD Atam sebagian akan dialihkan ke RS Langsa karena pihaknya memperhitungkan hasil swab nanti pasti akan bertambah kasus yang positif.

Kadis Dinkes menambahkan, delapan tenaga medis RSUD yang terpapar Covid-19 pertama kali yaitu, enam dokter dan dua perawat.

Saat ini seluruh pasien terkonfirmasi positif Covid-19 telah diisolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Karena mereka petugas kesehatan, jadi kita lebih gampang memantaunya,” tukasnya.

Data yang diperoleh , delapan tenaga medis RSUD Atam yang dinyatakan positif corona masing-masing, dua dokter spesialis anak, tiga dokter umum, satu dokter spesialis gigi dan dua perawat. Sementara data delapan orang lagi sejauh ini belum diterima.

Oleh karena itu, menanggapi masalah ini, Bupati Aceh Tamiang, H Mursil.M.Kn mengelar rapat mendadak di Pendopo Bupati Kota Kualasimpang, Rabu (29/7) malam bersama Kadinkes Ibnu Azis, Kepala BPBD Syahri, Direktur RSUD T Dedy Syah, perwakilan Kabag Humas dan sejumlah petugas medis RSUD setempat membahas perkembangan situasi Covid-19 di daerah ini menyusul ditemukan belasan tenaga medis yang terpapar corona virus tersebut.

Dalam rapat tersebut, Pemkab Aceh Tamiang berkesimpulan  akan melakukan pemeriksaan uji swab terhadap 100 orang dokter dan perawat di RSUD Aceh Tamiang.

Saat ini Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Aceh Tamiang dialihkan ke tenda darurat didepan Poliklinik RSUD setempat.

Pelayanan RSUD tetap jalan dan di alihkan ke tenda darurat depan poliklinik, yang di alihkan pelayanan IGD-nya ke tenda darurat, sementara ruang IGD dipulihkan dan disemprot  dengan disinfektan", ungkap Ibnu Azis mengakhiri, (pakar).
Komentar

Berita Terkini