-->

Antisipasi Kebakaran Hutan, Wakil Mentri Lingkungan Hidup Kunjungi TNGL

fiksumNews.com : Langkat - Antisipasi kebakaran hutan pada musin kemarau di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI DR.Elue Dohong bersama rombongan berkunjung ke Kabupaten Langkat, Jum’at (24/7/2020).

Kedatangannya, disambut Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Sekdakab Langkat Dr.H.Indra Salahudin berserta unsur forkopimda Langkat, di Bukit Lawang Kecamatan Bahorok, Langkat.

Kegiatan diawali dengan meninjau Visitor Centre di Balai TNGL lalu dilanjutkan ke Ecolodge PPLHK ( Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup ), lalu ke wisata Tangkahan.

Disela peninjauan, Eleu Dohong mengatakan, kunjungan ini guna melihat secara langsung kesiapan untuk mengantisipasi kebakaran hutan TNGL di masa musim kemarau. Selain itu, Ia juga mengakui fasilitas yang ada, sudah baik. Bahkan dapat menjadi  tempat wisata yang menarik buat pengunjung,“Baik domestik maupun mancanegara,”sebutnya.

Soal di bukanya tempat wisata di masa new normal ini, Elue Dohong menilai sangat baik, sebab dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Namun, Ia meminta, pelaksanaanya benar – benar menerapkan protokol kesehatan, sesuai yang dianjurkan pemerintah pusat dan daerah.

Selain itu, Ia juga berpesan, semua pihak dapat menjaga kelestarian ekosistem yang ada di Bukit Lawang dan Tangkahan serta lokasi wisata lainnya. Agar destinasi wisata di Langkat, tetap menjadi kebanggan Indonesia dimata Asean bahkan dimata dunia.

“Destinasi wisata Bukit Lawang sangat indah dan asri,”pungkasnya.

Sembari mengucapkan terima kasih atas sambutan warga dan keluarga besar Pemkab Langkat yang sangat hangat.

Sementara, Sekdakab Langkat berharap, kedatangan wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI beserta rombongan,  menjadi motivasi untuk memajukan pariwisata Langkat. Agar semakin maju dan ramai pengujung.

“Sehingga mengangkat perekonomian masyarakat dan PAD Pemkab Langkat, sesuai visi misi Bupati Langkat,”sebutnya.

Sekda juga menjelaskan,  bahwa pembukaan lokasi wisata berdasarkan surat edran Bupati Langkat No.430-1028/Disparbud- Lkt/2020, dimulai 4 Juli 2020 dengan penerapan protokol kesehatan.

“Lokasi yang dibuka, yakni wisata Bukit Lawang, Tangkahan, Batu Katak dan Namu Sira-Sira,”paparnya.

Turut hadir Dirjen PPI, Direktur PJLHK, Wakapolres Langkat, perwakilan  Dandim 0203 /LKT, Kepala Balai TNGL, kepala BKSDA Sumut, ketua HPI Langkat. Pejabat Pemkab Langkat yakni, Asisten II Ekbangsos, Kadis Pariwisata, Kepala BPKAD, Kadis LH, Kadis PUPR, Camat Bahorok, Muspika Kecamatan Bahorok. (red)
Komentar

Berita Terkini