Anggota DPR - RI Komisi IV Dapil 2 Aceh, Jemput Aspirasi KTNA Aceh Tamiang

fiksumNews.com - Aceh Tamiang : Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Aceh Tamiang temu ramah bersama anggota DPR RI, Komisi 2 Dapil Aceh, Muslim, SHI, MM dari Partai Demokrat dalam rangka menjemput Aspirasi para petani.

Pada pertemuan tersebut KTNA Aceh Tamiang menyampaikan berbagai masukan dan aspirasi serta keluhan masyarakat di  bidang pertanian dan sektor perikanan kepada anggota DPR RI, Muslim, SHI, MM dari Partai Demokrat.

Ketua KTNA Kabupaten Aceh Tamiang, D. Yogi Syahputra didampingi Sekretaris, Armansyah, Wakil Ketua I, Muhammad Syahrial dan Wakil Ketua II, Erwinsyah, Senin (27/7) kemarin mengatakan,
pihaknya mengapresiasi atas kehadiran anggota DPR RI, Muslim,SHI dalam menyerap Aspirasi para petani di kabupaten aceh tamiang.

Menurutnya, melalui pertemuan ini kiranya dapat membangun komunikasi dan menjalin silahturahmi dalam menghimpun informasi terhadap kemajuan dan kendala yang dihadapi oleh petani.

Yogi menyebutkan, jumlah  anggota KTNA di Kabupaten Aceh Tamiang saat ini yang terdaftar dan sesuai SK Bupati mancapai 27000 orang dan tersebar di 11  kecamatan dari 12 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Tamiang.
" Melalui kegiatan reses dan silahturahmi ini, kami merasa suatu kehormatan karena KTNA menjadi perhatian bagi anggota DPR RI, " ujar Yogi.

Yogi menambahkan, kebutuhan para petani yang potensial untuk dikembangkan saat ini adalah benih padi dan bawang merah serta bidang peternakan berupa bantuan sapi,  baik itu untuk budidaya penggemukan maupun pengembang biakkan sapi. "

Sementara untuk meningkatkan pendapatan para nelayan,  dibutuhkan bantuan boat dan perlengkapannya, "ungkap Yogi lagi.

Begitu halnya juga dengan petani tambak di wilayah pesisir Aceh Tamiang, tentunya saat ini kendala yang dihadapi, banyaknya areal tambak masyarakat yang sudah rusak dan perlu perhatian serius untuk membantu pengrehaban tambak.

Sehingga petani tambak dapat  melaksanakan budidaya tambak secara maksimal serta dapat meningkatkan hasil produksi dan  pendapatan para petani tambak, " terang Ketua KTNA.

Lanjutnya, untuk kebutuhan prasarana pendukung di bidang pertanian lainnya yaitu mesin pemotong padi (comben) dan traktor bajak sawah serta becak viar sebagai saran pengangkut hasil panen padi dan jenis lainnya untuk jalur yang tidak bisa dilalui mobil pick up.

" Kami berharap aspirasi petani Aceh Tamiang ini bisa terakomodir oleh pemerintah pusat melalui Kementrian terkait, karena kebutuhan ini belum tentu dapat terealisasi jika menggunakan dana APBK Aceh Tamiang, " harap Yogi.

Sementara itu, anggota DPR RI Komisi IV DPR RI  Dapil 2 Aceh, Muslim.SHI,MM, pada pertemuan bersama pengurus KTNA tingkat  Kabupaten Aceh Tamiang dan pengurus KTNA Kecamatan pada Minggu (26/7) sore di cafe O' Tamiang, Karang Baru mengatakan, kegiatan reses adalah untuk menyerap aspirasi masyakat tentang pertanian dan kelautan, karena
posisinya di Komisi IV DPR RI  membidangi pertanian, lingkungan hidup dan kehutanan, kelautan dan Perum Bulog serta sejalan dengan lembaga KTNA.

" Jika Aceh Tamiang memiliki kelompok tani dan kelautan yang hebat, saya selaku anggota DPR RI akan siap membantu KTNA, termasuk memfasilitasi bila ada anggota atau Ketua KTNA  ke Jakarta untuk melakukan koordinasi program - program di Kementrian sesuai dengan bidangnya, " Ujar Muslim.

Menyangkut dengan aspirasi KTNA Aceh Tamiang yang telah disampaikan tersebut, Muslim menyampaikan, bahwa dirinya bukan sebagai eksekutor penentu permintaan dari KTNA, " tapi dirinya akan berkoordinasi dengan Menteri, Gubernur, Bupati dan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan sehingga dapat merencanakan anggaran dalam memenuhi kebutuhan pertanian, khususnya di Aceh Tamiang, " demikian tambah Muslim anggota DPR RI. (pakar).
Komentar

Berita Terkini