Wakil Bupati Langkat Vidcon Bersama Gubsu, Bahas Tatanan Normal

harianfikiransumut.com : Langkat - Wakil Bupati Langkat H.Syah Afandin Video Conference (Vidcon) dengan Gubernur Sumatera Utara H.Edy Rahmayadi, tentang persiapan penyusunan pedoman tatanan normal baru, di ruang LCC Kantor Bupati Langkat,  Stabat, Selasa (9/6/2020).

Wabup didampingi  Inspektur Amril, Kadis Kominfo H.Syahmadi, Kadis Sosial Hj.Rina Wahyuni Marpaung, Kepala BPKAD  M.Iskandarsyah, Kalakhar BPBD Irwan Syahri, Kepala BKD Romarlan Harahap, Plt Kadis Kesehatan Limin Ginting, Kadis Pendidika, H.Saiful Abdi.

Gubsu Edy Rahmayadi pada Vidcon bersama Bupati dan Walikota se Sumut ini, menerangkan terkait persiapan penyusunan pedoman tatanan normal untuk wilayah Sumut.

Ia mengatakan bahwa terdapat 3 penerapan dan  langkah kebijakan  yang di ambil Pemprovsu.

Pertama, sebutnya, untuk penyelenggaraan pendidikan dan sekolah,  dengan melakukan rapid test terhadap seluruh guru dan  pegawai sekolah, seterilisasi (disinfectant) secara priodik terhadap ruang kelas, ruang guru dan ruangan lainya. Serta pengadaan masker di seluruh sekolah, pengaturan tempat duduk sekolah dan pengaturan jam belajar.

Kedua, kata Gubsu, untuk pasar dan mall, dengan menerapkan pembatasan jam oprasional, pembatasan jumlah pengujung, pemakaian masker atau pelindung wajah baik untuk pengujung maupun karyawan pasar dan mall, serta  sistem pembayaran non tunai.

Ketiga, sambung Gubsu, penyelanggaraan kegiatan kebudayaan, olah raga, balai pertemuan seperti pesta hajatan, ulang tahun dan acara kegiatan sosial lainya.

Harus dipastikan wilayah di sekitar lokasi aman dari covid-19 dengan dibuktikan melalui rekomendasi kepala desa/ lurah dan camat setempat.

“Serta harus menerapkan pembatasan jam oprasional, jam pengunjung dan pemakaian masker,”tegasnya.

Jadi terkait untuk penerapan new normal, Gubsu menghimbau agar Bupati dan Walikota di Sumut, agar jangan  terburu-buru untuk melaksanakannya, sebelum kebijakan penerapan dan langkah tatanan normal dilaksanan Pemprovsu, berjalan dengan baik dan aman. 

Sementara, Wabup dikesempatan itu, menegaskan,  Pemkab Langkat siap mngikuti segala kebijakan yang di ambil oleh Gubsu terkait penerapan transisi menuju new normal.

Serta melaporkan, bahwa Pemkab Langkat juga sudah melaksanakan pendistribusian Bansos dari Satgas Covid-19 Provsu, sesuai ketentuan dan tepat sasaran di 23 kecamatan yang ada di Langkat.

“Tidak dipungkiri ada sejumlah kendala dilapangan saat penyaluran, namun kesemuanya dapat teratasi dengan baik dan tuntas,”pungkasnya.

Terpisah, Sekdakab Langkat Dr.H Indra Salahudin mewakili Bupati Langkat, menghadiri Vidcon di Makodim Langkat/0203. Melaksanakan  Vidcon dengan para petinggi TNI Angkatan Darat dari Mabesad.

Dikesempatan itu,  Sekda bersama Dandim 0203/Lkt Letkol INF Bachtiar Susanto, ketua DPRD Langkat   Surialam kepada Bapeda Langkat  H. Sujarno, Kabag umum Setdakab Langkat  Eka Syahputra Depari dan para perwira Kodim 0203/Lkt.

Dikesempatan itu, Letkol Bachtiar mengatakan, pihaknya akan melaksanakan TMMD ke 108 di tahan 2020 ini, berlokasi di Desa Batu Jonjong, Kec Bahorok ,Kab Langkat. Untuk pembukaanya di laksanakan pada 30 juni 2020 sampai  29 juli  2020. (red)
Komentar

Berita Terkini