Kurang Dari 24 Jam, Polda Riau Berhasil Padamkan Karhutla Di Desa Merbau

fiksumNews.com - Pelalawan : Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Minggu (28/6/2020). Lokasi ini diketahui antara perbatasan Kecamatan Teluk Meranti dan Kecamatan Bunut, akibat peristiwa tersebut 100 personil gabungan TNI Polri BPBD, Disbun, team Manggala agni RPK Pt.Arara abadi serta bantuan kekuatan personil dari PT.SSS dan Pt.Adei di terjunkan untuk melakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi Karhutla tersebut.

Konfirmasi Pagi ini, senin (29/6) sekira pukul 08:15 wib kepada Kapolsek Bunut AKP Rohani selaku korlap Pemadaman menjelaskan Bahwa  titik api termonitor Pada hari minggu ( 28/6 ) pukul 11.00 wib, Pukul 12.00 wib" Team telah berada di lokasi guna melakukan pemadaman.Pada Hari Senin ( 29/6 ) Pukul 04.00 wib secara keseluruhan api sudah berhasil di Padamkan.Hari ini Giat pendinginan akan kita lanjutkan Bergabung dengan personil Polres Pelalawan dan langsung di pimpin oleh Kapolres Pelalawan AKBP.INDRA WIJATMIKO.SIK. semoga cuaca hari ini tidak terlalu terik dan angin tidak terlalu kencang sehingga lokasi karlahut dapat kita dinginkan", ungkap Akp Rohani.

Lahan terbakar lebih kurang 4 hektar, respon dari pihak perusahaan sangat baik dalam menanggulangi kebakaran lahan ini  dibuktikan dengan di turunkannya helikopter sebanyak 2 Unit ,4 Alat berat berupa exavator,puluhan mesin dan Ratusan Rol Slang air telah berada di lokasi untuk mendukung giat pendinginan.
Disamping itu tim TNI Polri gabungan Polres Dan Polsek, BPBD serta manggala agni telah berada di lokasi sejak terjadi karhutla.
Lokasi kejadian Karhutla dari jalan lintas Bono ke lokasi lebih kurang 4 Km.
lokasi Karhutla ini terletak di Perbatasan antara desa Pangkalan Terap Kec.Teluk Meranti dan Desa Merbau Kec. Bunut.
Hingga saat kita  belum tau penyebab terjadinya Karhutla kami masih fokus melakukan pendinginan.Kepada rekan rekan kami mohon doanya semoga cuaca hari ini mendukung sehingga pendinginan oleh Personil Gabungan di lapangan dapat berjalan lancar dan asap dapat segera hilang.terang AKP.Rohani.

Giat pendinginan pada hari senin ( 29/6 ) Langsung di pimpin olek Kapolres Pelalawan AKBP.INDRA WIJATMIKO.SIK dan di dampingi Kabag ops Polres Pelalawan Kompol DAUD SIANTURI.S.Sos.Msi Kapolsek Bunut AKP.Rohani.SH.MH dan Kapolsek Teluk Meranti Ipda Dimas Bimantoro.SIK.

Di Waktu yang sama Kapolres Pelalawan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh personil team Gabungan dari TNI, Polri,BPBD,Disbun Kab.Pelalawan dan team manggala agni yang telah berjibaku dan berusaha semaksimal mungkun untuk memadamkan karhutla Kurang dari 1×24 jam.Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada Pihak PT.Arara abadi,PT.SSS dan PT.ADEI.Yang tidak kalah pentingnya juga berkat Bantuan dan informasi dari DASH BOARD LANCANG KUNING POLDA RIAU Aplikasi Ini sangat membantu personil di lapangan karna ketika ada Hot spot atau Fire Spot dapat langsung termonitor oleh seluruh jajaran sehingga dalam waktu singkat personil dapat segera menuju lokasi untuk melakukan upaya pemadaman.Kapolres Pelalawan AKBP.INDRA WIJATMIKO.SIK juga mengingatkan kembali seluruh masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar dan pihak perusahaan agar meningkatkan kembali patroli secara rutin di daerah rawan terjadi karhutla. ungkap kapolres Pelalawan.(74yung)
Komentar

Berita Terkini