Camat Rayan Pribadi Luncurkan Program Gesek Terus

harianfikiransumut.com : Meranti - Camat Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Rayan Pribadi SH tidak henti-hentinya membuat berbagai inovasi untuk membantu masyarakatnya yang tidak mampu.

Setelah beberapa program diluncurkan ditahun yang sama, tahun ini Rayan Pribadi yang juga sebagai Ketua Karang Taruna itu kembali meluncurkan program Gerakan Sedekah Sebutir Telur Secalung Beras atau lebih dikenal dengan sebutan 'Gesek Terus'.

Dikatakan, program tersebut dikhususkan untuk warga yang kurang mampu yang dalam kesehariannya sangat susah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dimana bahan kebutuhan pokok berupa beras dan telur bisa dititipkan ke warung kecil.

"Program itu memang untuk membantu warga yang kurang mampu. Jadi begini, setiap warga yang berbelanja di warung-warung kecil dekat rumah bisa menitipkan uang seharga secanting beras dan sebutir telur kepada pemilik warung yang sudah melakukan kerjasama dengan pihak kecamatan. Nanti akan ada tim yang akan menjemput dalam bentuk beras dan telur di warung tersebut," kata Rayan Pribadi, Kamis (11/6/2020).

Ditargetkan, semua warung yang ada di Kecamatan Tebingtinggi akan dilakukan kerjasama. Bahan pokok tersebut akan dibagikan setiap hari Jumat.

"Kita targetkan seluruh warung kecil yang menjual kebutuhan pokok yang berada di lingkungan warga yang ada di Kecamatan Tebingtinggi. Nanti akan ada tim kecamatan yang akan menjemput sedekah itu di warung-warung setiap hari Kamis, dan hasil sedekah itu akan di kumpulkan untuk dibagi kepada warga setiap hari Jumat," ujarnya.

Rayan menjelaskan, kenapa harus di warung kecil, hal itu dimaksudkan untuk membantu pemilik warung agar usahanya cepat laku. Selain itu pihaknya mendorong kepada masyarakatnya untuk saling berbagi kepada sesama.

"Kenapa di warung- warung kecil kita lakukan, supaya kita juga harus peduli dengan pedagang kecil dekat rumah dan agar warung kecil tidak mati karena rugi usahanya tidak laku. Disamping itu kita juga mendorong agar kita semua bisa berbagi walaupun dalam keadaan susah sekalipun, karena itu anjuran agama kita, karena sedekah terbaik adalah ketika kita mampu bersedekah dalam keadaan susah," ujarnya lagi.

Diungkapkan Rayan, program ini terinspirasi dari tradisi Turki kuno, dimana bersedekah dalam bentuk roti. Dimana warga Turki memiliki kebiasaan untuk membeli dua roti, tapi hanya mengambil satu roti untuknya. Sedangkan satu roti sisanya dititipkan pada si penjual untuk diberikan kepada siapapun yang membutuhkan. ini dilakukan tanpa orang yang membutuhkan ini tahu siapa pemberinya.

"Intinya kita mengajak masyarakat untuk berbagi saat memiliki rezeki. Melebihkan uang belanjanya atau barang belanjanya kepada pemilik kedai untuk dibagikan kepada orang lain yang membutuhkan. Secepatnya kita akan mulai sosialisasi dengan berkeliling ke warung-warung yang akan kita lakukan kerjasama. Kita juga akan menitip spanduk kecil untuk mengajak setiap individu agar mau bersedekah saat berbelanja," pungkas Rayan. (Syaban)
Komentar

Berita Terkini