-->

Ditargetkan Posko Tim Relawan Covid - 19 Tiga Kabupaten Berdiri Sebelum Lebaran Idul Fitri.

harianfikiransumut.com - Aceh Tamiang : Posko Tim Relawan Covid - 19 yang terdiri dari Kabupaten Aceh Tamiang, Langsa dan Aceh Timur ditargetkan akan terealisasi sebelum Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

Hal tersebut ditegaskan oleh Ketua Komisi V  DPR Aceh, M. Rizal Falevi Kirani pada Tim Relawan Covid - 19 saat sharing pendapat di Warkop O'Tamiang Karang Baru, Minggu (17/5/2020) sekira pukul 22.00 WIB.

" Kami sangat mendukung terbentuknya Tim Relawan Covid - 19 yang akan bertugas di pintu masuk Aceh yaitu Aceh Tamiang dengan Sumatra Utara. Kita dukung sebelum Hari Raya Idul Fitri 1441 H sudah terlaksana" ujarnya.

Menurutnya, keberadaan Posko Tim Relawan Covid - 19 di Jembatan Timbang Kampung Seumadam Kecamatan Kejuruan Muda tersebut merupakan langkah yang harus ditindaklanjuti dan disegerakan, mengingat saat ini Aceh Tamiang merupakan jalur keluar masuknya orang menuju Aceh.

Disamping itu dirinya bersama Tim, mengapresiasi apa yang telah di lakukan  Pemerintah Aceh Tamiang beserta jajarannya yang telah berperan dalam Penanganan dan Pencegahan Virus Corona yang saat ini sudah dilakukan di Posko Bersama di Terminal Kota Kualasimpang.

" Kita sudah tinjau keberadaan Posko Terminal dan Posko Tim Relawan yang akan didirikan di Jembatan Timbang.   Kami butuh impormasi apa yang bisa di bantu dan apa yang di butuhkan oleh pemerintah Aceh Tamiang untuk segala kebutuhan di Posko Covid  - 19," terang nya mengakhiri.

Sebelumnya, Ketua Komisi V DPR Aceh dan rombongan mengunjungi wilayah perbatasan Aceh - Sumut serta posko Bersama Penanganan Penyebaran Covid - 19 Kabupaten Aceh Tamiang di Terminal Type B Kota Kualasimpang.

Hasil Pertemuan Tim Relawan Covid - 19 dengan Komisi V DPRA tersebut melahirkan beberapa poin yang dapat di agendakan yakni : 
1. Mendukung Upaya yang telah dilakukan oleh Pemkab Aceh Tamiang terhadap Keberadaan Posko dan mendesak Gubernur segera mendirikan Posko diperbatasan dengan melimpahkan tugas kepada Bupati Aceh Tamiang dan dua Wilayah sekitar (Langsa dan Aceh Timur) berikut dukungan Pembiayaan dan Operasional lainnya.

2. Meminta tambahan 10.000 rapid Tes dan sarana  Analisa SWAB untuk Rumah Sakit Aceh Tamiang melalui pembiayaan Provinsi dengan sumber BTT

3. Setiap bentuk kegiatan melibatkan semua komponen elemen dan para Relawan di tiga Kab/kota  dalam Kawasan  Timur Raya Aceh.
4. Memohon  kepada  Gubernur Aceh agar menugaskan tenaga medis dan dokter baik di posko perbatasan maupun di rumah sakit guna untuk membantu tenaga medis yang ada di kabupaten Aceh Tamiang.

5.  Memohon kepada Plt Gibernur Aceh agar menyediakan sarana logistik dan APD serta sarana lainnya melalui pembiayaan Provinsi dengan sumber BTT untuk menunjang kerja paramedis dan relawan dari tiga Kabupaten yang bekerja di posko perbatasan.

Temu ramah tersebut turut dihadiri oleh Dandim 0117/Atam, Letkol Inf Deki Rayusah Putra, S.Sos. M. I. Pol, Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang Fadlon SH, Anggoota DPRK Aceh Tamiang serta para Relawan Covid-19 Tiga Kabupaten, (pakar).
Komentar

Berita Terkini