-->

Diskominfo Terus Berperan Aktif Digarda Terdepan Lawan Corona

Ket.Photo : Kadis kominfo didampingi Kabid IKP Langkat saat melepaskan rombongan sosialisasi kliling menggunakan mobil ke 23 Kecamatan

harianfikiransumut.com : Langkat - Sesuai tupoksinya, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Langkat dibawah pimpinan H.Syahmadi, terus berperan aktif  di garda terdepan menekan pandemi virus corona di negeri bertuah.

Menjalankan tugas, sebagai  bagian dari tim Satgas Gugus Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Langkat, bersama Dinas Kesehatan, BPBD dan TNI/Polri.

"Sampai saat ini, Diskominfo terus melakukan berbagai bentuk sosialisasi untuk percepatan pencegahan Covid-19," ungkap Kadis Kominfo, di Stabat, Rabu (1/4/2020).

Peran Diskominfo, sambung Syahmadi, melakukan himbauan kepada masyarakat terkait pencegahan corona, sesuai intruksi Bupati Langkat Terbit Rencana PA dan surat edaran Menkominfo RI No:1 tahun 2020 tentang percepatan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid19 di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Yakni, selalu mengupdate data perkembangan Covid-19, berkodinasi dengan Juru Bicara Satgas Covid-19 dr.M.Arifin Sinaga, untuk disampaikan kepada publik.

"Jadi selain memberikan himbauan pencegahan, Diskominfo juga melakukan bantahan terhadap semua berita hoax yang meresahkan, untuk menciptakan kondusifitas tengah masyarakat," terangnya.

Penyebarannya, sambung Syahmadi, mengirimkan narasi dan konten menggunakan media sosial daring (online) resmi Diskominfo.

Yakni Facebook : diskominfo langkat, Instagram:  diskominfo_langkat, twitter: @kominfolangkat, youtube: info langkat, website : diskominfo.langkatkab.go.id.

"Serta melalui media digital lainnya yang efektif seperti WA," katanya.

Selain itu, masih Syahmadi, Diskominfo juga bekerja sama dengan puluhan media cetak dan online dalam menyebarkan himbau dan info terupdate terkait kabar faktual perkembangan corona.

"Kami juga bekerjasama dengan 8 stasiun radio lokal, untuk menyampaikan himbauan pencegahan selama 7 hari,"ungkapnya.

Bahkan, sebut Syahmadi, Diskominfo juga melakukan sosialisasi keliling selama 5 hari di 23 kecamatan se Langkat menggunakan mobil dan alat pengeras suara (TOA), dengan menyampaikan himbauan Bupati Langkat, untuk pencegahan corona, dari 30 maret sampai 3 april 2020.

"Selain itu, kami juga memasang 23 spanduk dan membagikan 3000 brosur bertuliskan himbauan di 23 kantor Camat untuk dibagikan ke masyarakat. Serta memasang 3 spanduk himbauan dilingkungan perkantoran Pemda Langkat dan 6 baliho himbauan dilokasi perkotaan yang strategis untuk bisa dilihat banyak orang, "paparnya.
Ket.Photo : Kabid IKP bersama staf saat menyerahkan sepanduk dan brosur kepada pemerintah kecamatan.

Sementara, Kabid IKP Diskominfo Langkat M. Faisal, menerangkan, isi himbauan tersebut.

Yakni, sebisa mungkin tidak keluar rumah, jauhi kerumunan, jaga jarak satu sama lain minimal 1 sampai 2 meter, tidak berjabat tangan, rutin mencuci tangan dengan sabun, jaga kebersihan lingkungan dan rumah.

Jika mengalami gejala demam, batuk, sesak nafas berat dan sakit kepala, kenakan masker dan periksakan diri ke fasilitas kesehatan.

Juga bisa lapor ke posko informasi dan pelaporan Covid-19 Dinkes Langkat, atau menghubungi call center 081396032994.

"Ingat batasi kegiatan diluar rumah, agar anda tidak tertular dan menularkannya ke orang lain, dengan menjaga diri sendiri, anda menyelamatkan banyak orang," tandasnya.

Sebelumnya, sambung Faisal, Diskominfo juga telah meresmikan aplikasi berbasis website yang dapat diakses melalui link: coronainfo.langkatkab.go.id.

Aplikasi Web yang pertama kalinya diciptakan diskominfo langkat dari 33 kabupaten/kota yang ada di Sumut ini, juga bertujuan memberikan berbagai info terupdate dan menepis berita hoax terkait kasus corona.

Menampilkan jumlah warga Langkat yang ditetapkan menjadi ODP (Orang Dalam Pengawasan), PDP (Pasien Dalam Pemantauan) atau Suspek Corona serta warga positif corona.

Serta memberikan info jumlah kasus corona dari tingkat Provinsi Sumut, tingkat nasional sampai tingkat dunia. Dimana datanya diupdate 2 kali dalam 1 hari, yakni pukul 12.00 wib dan 17.30 wib.

"Untuk data seluruh dunia menampilkan total kasus, meninggal dan jumlah negara terpapar corona, diambil dari data WHO. Sedangkan data nasional bersumber dari Kemenkes RI, Sumut dari data Satgas Gugus Covid-19 Sumut dan RSU Adam Malik Medan. Langkat sendiri dari Juru Bicara Satgas Gugus Covid-19 Langkat dr.M. Arifin Sinaga "ungkapnya.

Selain itu, kata Faisal, aplikasi ini juga menampilkan call center info corona Kemenkes RI dan Posko Covid-19 Dinkes Langkat. Serta memberikan info lima lokasi RSU rujukan untuk PDP corona di wilayah Langkat, sekaligus kontaknya. Menampilkan portal berita hoax terkait corona dan berita upaya Pemkab Langkat melakukan pencegahan corona. Serta dilengkapi dilengkapi kolom komentar dan tanya jawab seputar corona, yang langsung terhubung dengan juru bicara Satgas Gugus Covid-19 Langkat.

"Serta memberikan himbauan kiat hidup sehat pencegahan corona dan pengetahuan lainnya terkait corona," jelasnya.(red)


Komentar

Berita Terkini