Baznas Labuhanbatu Salurkan Zakat Kepada 1089 Para Dhuafa dan Mustahik

harianfikiransumut.com : Labuhanbatu - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Labuhanbatu salurkan zakat kepada 1089 orang warga Kecamatan Rantau Selatan yang tergolong dalam kaum duafa, fakir , miskin dan para mustahik. Kegiatan tersebut berlangsung di aula Kantor Camat, Kamis (23/4/2020).

Wakil Ketua Bidang penyaluran zakat Ir. Marwan Siregar mengatakan kepada harianfikiransumut.com di kantor Baznas Labuhanbatu mengatakan bahwa untuk 2009 terkumpullah dana zakat sekitar 1,5 milyar.

Menurutnya Marwan, berdasarkan zakat yang sudah terkumpul itulah disalurkan untuk dana perobatan orang miskin yang sakit parah, bantuan kursi roda, bantuan siswa miskin, mahasiswa miskin,fakir miskin, musafir dan lainnya.

"Kalau menurut Islam ada 8 golongan orang yang menerima zakat yaitu, fakir, miskin, amil , mu'allaf ,hamba sahaya, gharimin, fisabilillah, ibnus sabil, "ujarnya.

Penyaluran zakat secara simbolis dilakukan langsung oleh Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT, didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Labuhanbatu H. Syarifuddin MA dan Camat Rantau Selatan H.Azhar Rambe SE.

"Kegiatan ini adalah program keumatan guna meringankan beban masyarakat kurang mampu. Semoga bantuan tersebut dapat dipergunakan pada saat bulan suci  ramadhan," ungkap Marwan.

Sementara itu Kepala Baznas Labuhanbatu H. Erwin Siregar SA, menyebutkan sumber zakat berasal dari sedekah gaji ASN yang rencananya akan disalurkan kepada seluruh masyarakat Labuhanbatu yang membutuhkan.

Adapun bentuk bantuan zakat yang kita berikan berupa beras satu karung 10 Kg, gula pasir 3,6 Kg, minyak goreng 1,5 dan uang tunai sebesar Rp. 150.000,- untuk fakir, dan Rp. 100.000,- untuk golongan miskin.(M,Syarif)
Komentar

Berita Terkini