Pengabdian" TNI - Bersama Rakyat, TMMD 107 Kodim 0315/Bintan


harianfikiransumut.com-TANJUNGPINANG : Dandim 0315/Bintan Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa selaku Dansatgas TMMD ke-107 Kodim 0315/Bintan, tanjung siambang, provinsi Kepri, Kamis (19/3/2020).

“Membangun Bangsa ini tidak bisa dilakukan oleh satu lembaga atau organisasi tertentu. Selain TNI-Polri, Masyarakat adalah komponen utama dalam melaksanakan kegiatan TMMD ini secara bersama-sama,” katanya.

Dandim mengatakan, program TMMD yang dilaksanakan TNI-AD dengan terjun langsung ke desa diharapkan mampu menggugah masyarakat untuk ikut berpartisipasi.

Selama ini tidak ada aktifitas yang diprogramkan yang hanya dilakukan sendiri oleh TNI, tetapi senantiasa melibatkan masyarakat sehingga selalu mendapat dukungan dan partisipasi berbagai komponen masyarakat tersebut. "Ujar Dandim"

 Tentara Membangun Desa (TMMD) merupakan kelanjutan dari program ABRI Masuk Desa yang dimulai sejak tahun 1980 dan dilaksanakan secara terpadu antara TNI,

Departemen/Lembaga Non Departemen dan masyarakat. Salah satu Tujuan kegiatan TMMD adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan dan memantapkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa, bernegara, bela negara dan disiplin nasional.

Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa, yang juga sebagai Komandan Satgas TMMD mengatakan jika kegiatan TMMD semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Program TMMD yang telah berlangsung selama kurang lebih dari 40 tahun ini, dan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat." Program TMMD masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, daerah tertinggal, terpencil dan terisolir, sehingga keberadaan TNI untuk membangun sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah itu masih sangat relevan” Ujar Dandim Bintan,

Dalam proses pemikiran TNI, untuk mendukung terwujudnya pertahanan negara di daerah yang tangguh, TNI berketepatan memilih TMMD sebagai salah satu bentuk pengabdian, disamping sebagai upaya TNI melestarikan nilai sejarah, terutama nilai Kemanunggalan TNI - Rakyat. Dari sisi tersebut, maka TMMD dapat dipandang dari dua segi, yakni Pertama, secara substansi, Kedua, dari sisi perakitan atau formulanya, (dl/reza)
Komentar

Berita Terkini