-->

Kades Sukaraja, Kami Sudah Lakukan Pekerjaan DD 2019 Sesuai Juknis

harianfikiransum.com - LAMPUNG SELATAN : Menanggapi surat somasi LSM Gerakan Peduli Anggaran Negara (GPAN) Indonesia,  Kepala Desa Sukaraja Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan, angkat bicara saat dikonfirmasi dirumahnya pada Senin 23/03/20.

"Program Dana Desa taham 2 dan 3 itu saya baru menjabat Kades, perencanaan di era Kades sebelum saya, dan saya beserta Aparatur Desa sudah mengupayakan pekerjaan sesua petunjuk,  TPK Desa setiap hari dilokasi kegiatan. Bahkan untuk mulai pelaksanaan saya panggil tim monitiring dari Kecamatan untuk meninjau kegiatan kami karna kami butuh bimbingan sejak awal karna kami tidak punya tenaga teknis. Kami sekuat tenaga berupaya melakukan dengan maksimal." Terang Kades Sinarti.

Terkait adanya permintaan warga Dusun 07 yang meminta jalan di Dusun 07 Susukan sepanjang 800 meter untuk dibangun di tahun 2020 dari Program DD Kades Sinarti mengatakan.

" Saya selaku Kades sangat ingin usulan pembangunan di Sukaraja semua terdanai bang, karna selaku Kades saya bahagia jika harapan warga terealisasi, namun mengingat dana DD tidak cukup terpaksa kita tidak bisa,  tahun 2019 di Dusun 07 udah dapat Rabat beton , TPT dan Drainase, jadi agar warga Dusun lain tidak kecewa kita bergilir. Tapi saya bukan ngak perduli dengan Dusun 07 kita usulkan pembangunan jalan di Susukan lewat APBD kita buat Proposal ke Dinas PU Provinsi dan Kabupaten." Ujarnya.

Kades Sinarti juga mengatakan ada pekerjaan pembuatan badan jalan di antara Dusun 01 ke Dusun 02 sepanjang 1200 meter x 3 meter tepatnya di belakang Sekolah Mts Sukaraja. Dan pembuatan Badan Jalan itu murni swadaya gotong - royong warga tidak ada didanai Pemerintah, bahkan untuk biaya lain - lain saat pelaksanaan gotong - royong Ibu Sinarti mengatakan demi masyarakat agar semangat dan kompak bergotong - royong dirinya siap keluarkan biaya, sementara tanah untuk badan jalan adalah hibah warga,  dan badan Jalan ini juga akan diusulkan ke PU untuk pengerasan Jalan. Kades Sinarti berharap bila badan jalan ini bisa sempurna kelak bisa jadi pemukiman dan akses jalan pertanian juga lebih mudah sehingga perekonomian warga meningkat.

Sementara itu ditempat berbeda Ketua LSM GPAN Indonesia , Edy Sahputra Sitorus .ST mengatakan.

"Kita harus hormati kinerja Ibu Kades dan Aparatnya,  hasil investigasi dan temuan kami adalah amanat yang juga harus kita lakukan, Kita kedepankan praduga tidak bersalah,  yang kita lakukan bukan sekedar mencari kesalahan tapi koreksi sebagaimana yang di Intruksikan Bapak Presiden untuk semua warga ikut awasi Program Dana Desa, LSM GPAN akan tetap melaporkan dan juga siap membantu membangun Desa bila kita dibutuhkan, Moto LSM kami jelas "Kejar dan penjarakan pencuri uang Negara" jadi yang tidak merasa ambil duit rakyat jangan kwatir. Kalau ngak kita lanjutkan dari somasi ke Laporan nanti dikira warga GPAN ada apa - apa kan tak etis." Tegas Edy. ( Srdi/Tim)
Komentar

Berita Terkini