Bupati Bersama Kapolres Pimpin Rapat Koordinasi Perkembangan COVID-19


harianfikiransumut.com-
labuhanbatu : Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe ST..MT. Pimpin rapat kordinasi bersama forkopimda labuhanbatu Membahas Pemantauan, Perkembangan dan Pencegahan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)  Kamis (26/3/2020) pkl.10.15 wib di Ruang Rapat Bupati Labuhanbatu jalan Asrol Adam kecamatan rantau selatan.

Selain Bupati, Rapat tersebut turut di hadiri Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat SIK.MH,Kasdim 0209/LB,Sekda Labuhanbatu,Kepala Direktur RS.Umum Rantauprapat,Para Asisten/OPD Kabupaten Labuhanbatu,Kasat Intelkam Polres Labuhanbatu, 13 kepala puskesmas se- labuhanbatu, dan camat se-labuhanbatu.

Pada Koordinasi itu Bupati Labuhanbatu Membahas Perkembangan dan Pencegahan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)." Saya selaku kepala daerah memerintahkan kepada seluruh intansi terkait untuk selalu mensosialisasikan dan memantau perkembangan virus ini.

Kepada camat kiranya selalu berkordinasi dengan kelurahan, pantau masyarakat yang keluar masuk di daerah masing-masing,baik yg baru keluar kota bahkan yang baru pulang keluar negri, Kepada dinas kesehatan dan RSUD agar selalu siap siaga bila terjadi ada masyarakat yang positif terjangkit virus Covid-19, ujar Bupati.

Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat, S.I.K,M.H mengatakan dalam rapat koordinasi tersebut,kita dari kepolisian terus melakukan
Pencegahan virus COVID-19 terhadap masyarakat dengan cara menghimbau tentang budaya hidup bersih dengan cara cuci tangan yang benar melalui Polsek dan BhabhinKamtibmas.ujar AKBP Agus Darojat.

"Mari kita sosialisasikan kepada seluruh lapisan Masyarakat khususnya Kab. Labuhanbatu harus paham dengan penularan virus COVID-19" saya minta rapat kordinasi ini jangan hanya kita saja yang memahami, namun harus sampai kepada masyarakat umum.lanjutnya

Di sisi lain, Kepala RSUD rantauprapat Dr,Syafril Harahap menyebutkan, saat ini rumah sakit umum sudah menyediakan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis , diantaranya Jas hujan, masker,topi, kacamata dan helm, untuk sementara ini yang kita sediakan,karena hasil pemeriksaan, virus ini masuk melalui mulut, hidung dan mata.

Disampaikan Safril, RSUD saat ini masih memiliki 29 APD dari 50 yang di rencanakan, dari yang ada ini kami takut masih jauh dari kata cukup.namun untuk penyediaan obat obatan kita telah menyediakan obat anti virus.dan farmasi kami juga telah memesan Tinofin kemedan mudah-mudahan Minggu depan sudah sampai.

Dan apabila ada fasien positif Corona RSUD sudah menyediakan ruang isolasi dua tempat tidur di IGD, kami juga akan hubungi rumah sakit Medan terkait ada tempat atau tidak untuk merawat fasien husus Corona, jika tidak ada tempat kita sudah sediakan tempat di lantai tiga untuk mencegah terjadinya penularan, jelas Safril.

Selain itu Kepala dinas kesehatan kabupaten labuhanbatu H.Kamal Ilham S.Km menyebutkan, Hari ini ada 13 puskesmas yang hadir dari 15 yang di undang,kesemuanya hingga hari ini sudah melaksanakan amanah Bupati dalam penanganan virus Corona, diantaranya sejak tanggal 20 Maret hingga 26 telah melakukan penyemprotan desinfektan ke rumah ibadah ,pasar - pasar dan hari ini Lapas.

Mereka semua sudah kita lengkapi dengan APD seperti masker, dan jas hujan untuk menghindari kontak langsung dengan pasien yang terjangkit virus ini.ucap Kamal.

Di informasikan nya, bahwa di labuhanbatu saat ini tercatat ada 29 orang ODP( orang dalam pantauan), rantau Utara ada 5 orang, Rantau selatan 10, pangkatan 7 orang, Bila hilir 5 dan teluk sentosa ada 2 orang, namun setelah di lakukan pemeriksaan keseluruhan nya dalam keadaan sehat wal'afiat.

Selain itu ucap Kamal, dinas kesehatan juga tetap memantau masyarakat labuhanbatu yang baru pulang dari luar daerah, misalkan hari ini ada sekitar 17 orang mahasiswa di desa lingga tiga baru pulang dari Jakarta, ini sedang kita cari datanya dan akan kita lakukan pemeriksaan.jelas Kamal.


(M,Syarif)
Komentar

Berita Terkini