Wujudkan Pembangunan Sumut Bersinergi : Gubsu Laksanakan Pra Musrembang Wilayah Pantai Timur

harianfikiransumut.com : Stabat-Wujudkan pembangunan Sumatera Utara yang maju dan bermartabat serta Langkat yang bersinergi, Gubsu H.Edy Rahmayadi didampingi  ketua TP PKK Provsu Ny.Nawal Edy Rahmayadi melaksanakan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang)   wilayah Pantai Timur Provsu yang kedua, di Gedung DPRD Langkat, Stabat, Rabu (26/2/2020).

Kehadirannya di negeri bertuah,  disambut Bupati Langkat Terbit Rencana PA dan Wakilnya H.Syah Afandin juga bersama ketua DPRD Langkat Surialam dan segenap anggota Dewan lainnya,  ketua TP PKK Langkat Ny.Tiorita Terbit Rencana, Sekdakab Langkat dr.H Indra Salahudin serta pejabat Pemkab Langkat Lainnya.

Pembukaan Pra Musrembang, ditandai pemukulan gong sebanyak lima kali oleh Gubsu, disaksikan Bupati Langkat dan 11 kepala daerah kawasan Pantai Timur lainnya atau perwakilan, yakni Kota Tebing Tinggi, Kota Tanjung Balai, Kab.Deli Serdang, Kab.Labuhan Batu, Kab.Labuhan Batu Utara, Kab.Labuhan Batu Selatan, Kab.Asahan, Kab. Batu Bara.

Gubsu pada sambutannya, mengajak semua kepala daerah untuk bersama bergandeng tangan membangun Sumut. Untuk Langkat, kedepan Gubsu ingin menjadikan Babussalam sebagai perkampungan religius Sumut, serta ingin menjadikan masjid Azizi menjadi icon wisata religius yang indah, menjadikan Tangkahan  wisata berkelas, serta membangun wisata mangrove.

Bahkan, Gubsu ingin membangun sekolah SMA Negri 2 unggulan di Besitang dan mencanangkan pembangunan SMK negeri 1 untuk bidang pertanian, perkebunan dan pertenakan di perbatasan Langkat dan Aceh yakni Pematang Jaya. Untuk itu, pihaknya meminta sinergitas dari Bupati dan seluruh lapisan masyarakat Langkat.

“Mari membangun Sumut juga Langkat, Langkat  adalah tempat terlahirnya orang – orang bermartabat, mari kita bangun sejarah dan peradabannya,”pungkasnya.

Gubsu juga menjelaskan, bahwa Pra Musrenbang ini bukanlah patron namun gambar untuk pembangunan. Jadi kepada kepala daerah diminta untuk segera berkoordinasi dengan Bappeda, untuk merencanakan pembangunan yang akan dilaksanakan sesuai dengan kemampuan anggaran serta skala prioritas.

“Hasilnya, sebulan kedepan akan saya minta, jadi nanti kita akan melakukan pertemuan lagi di kantor Gubsu untuk mendiskusikannya,”ungkapnya.

Sembari menyampaikan, Pra Musrembang ini bertujuan untuk menyatukan komitmen dari semua pihak. Pra Musrembang dibagi 4 zona wilayah, yakni Zona Pantai Barat telah dilaksanakan Mandailing Nataldan Zona Pantai Timur dilaksanakan di Langkat, sedangakan untuk selanjutnya akan dilaksanakan di Zona Dataran Tinggi dan Zona Kepulauan Nias.

Selaku tuan rumah, Bupati Langkat mengucapkan terima kasih atas kepercayan Gubsu melaksanakan Pra Musrembang di Langkat.  Semoga kegiatan ini semakin memacu semangat semua kepala daerah di Sumut  untuk bersama menjadikan Sumut yang bermartabat diberbagai bidang.



Pihaknya juga berharap,  pertemuan ini menghasilkan tindakan nyata untuk peningkatan perekonomian masyarakat dengan terencana dan efektif.

“Saya bersama masyarakat Langkat siap bersinergi dengan Provsu dalam membangun pradaban Langkat khususnya dan Sumut umumnya, untuk lebih maju, sejahtera, makmur dan religius serta bermartabat,”ungkapnya.

Dikesempatan tersebut, Gubsu memberikan bantuan benih padi dan jagung kepada  7 kelompok tani Langkat.  Bupati Langkat juga memberikan cendramata plakat tugu T.Amir Hamzah kepada Gubsu dan kepala derah yang hadir.

Usai membuka Pra Musrembang, Gubsu bersama ketua TP PKK Provsu serta rombongan bergerak menuju Kelurahan Kampung Lama Kecamatan Besitang, untuk melakukan peninjauan lokasi rencana pembangunan SMA N 2 unggulan serta deklarasi pencanangan SMK N 1 Pematang Jaya. Untuk rencana pembangunannya, Gubsu berencana akan menggelontorkan dana APBD Provsu sebesar Rp7,5 Milyar untuk sekolah SMA N 2 dan Rp3, 8 Milyar untuk SMK N 1.

Turut hadir di Pra Musrembang, kepala BI Sumut, kepala BPS Sumut, Deputi Direktur OJK Reg V, Kakan Kemenag Sumut, rombongan pejabat dari 11 daerah peserta Pra Musrembang, anggota DPRD Sumut Ricky Antoni, Sultan Langkat Tuanku Azwar Abdul Djalil Rahmad Shah Al Hajj, unsur Forkopimda Langkat, para pejabat Pemkab Langkat, Dandim 0203/Langkat, Danyon Marinir Tangkah Lagan, Kapolres Langkat, Kakan Kemenag Langkat, ketua DWP Langkat dan pengurus, tokoh agama/masyarakat dan pemuda Langkat, para pimpinan Ormas dan OKP Langkat, rekan media dan undangan lainnya.(red)
Komentar

Berita Terkini