Bupati Irwan Hadiri Hari Jadi Kecamatan Pulau Merbau Ke-9


harianfikiransumut.com - Meranti : Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si bersama Wakil Bupati H. Said Hasyim dan Ketua DPRD Meranti Jack Ardiansyah M.Si, menghadiri acara Hari Jadi Kecamatan Pulau Merbau Ke-9 sekaligus peresmian pengoperasian Kantor Camat Pulau Merbau yang baru, bertempat di Desa Renak Dungun, Pulau Besar, Rabu (26/2/2020).

Dt. Sri Setia Amanah Drs. H. Irwan M.Si, Dt. Sri Timbalan Setia Amanah H. Said Hasyim, Ketua DPRD Meranti Jack Ardiansyah M.Si, Dt. Agusliadi SH, Camat Pulau Merbau Atan Ibrahim, Ketua MKA LAM Meranti H. Ridwan Hasan, Tokoh Pulau Merbau Edy Masyudi, Kadis BPMPD Meranti Drs. Ikhwani, Kadis Perhubungan Meranti Dr. Aready, Kadis Pendidikan Meranti Drs. Nuriman M.Si, Kadisdukcapil Meranti Drs. Hariandi, Kasatpol PP Meranti Helfandi SE M.Si, Kabag Humas dan Protokol Meranti Rudi MH, Kabag Hukum Sudandri SH, Kabag Kominfo Meranti Wan Fahriarmi, Kabag Perbatasan M.Nazar, Tokoh Masyarakat/Agama/Adat, serta ratusan masyarakat yang turut memeriahkan acara.

Sekedar informasi dalam kegiatan itu juga dikemas dengan acara Pelantikan dan pengukuhan Pengurus LAM Kecamatan Pulau Merbau Masa Khidmat 2020-2025. Pelantikan dan Pengukuhan langsung dilakukan oleh Ketua MKA LAM Meranti H. Ridwan Hasan, bersama Dt. Sri Setia Manah Drs. H. Irwan M.Si, Dt. Sri Timbalan Setia Amanah H. Said Hasyim, yang ditandai dengan pengucapan sumpah dan pemasangan Salempang, Tanjak serta Keris disaksikan Ketua DPRD Meranti dan hadirin.

Terpilih sebagai Ketua MKA LAM Kecamatan Pulau Merbau Ahmad Sulaiman, Sekretaris Ramzi, Ketua. Sementara Ketua DPH LAM Kecamatan Pulau Merbau Khairudin Wahap, Sekretaris  Manan, Bendahara M. Yusuf.

Sementara itu peresmian Kantor Camat Pulau Merbau yang dibangun dengan dana APBD Murni Kabupaten senilai 2 Miliar lebih ini, dilakukan langsung oleh Bupati Kepulauan Meranti yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan nasi kuning.

Camat Pulau Merbau Atan Ibrahim, dalam sambutannya atas nama masyarakat mengucapkan terima kasih yang tinggi kepada Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si dan Wakil Bupati H. Said Hasyim yang telah hadir dalam acara paling bersejarah bagi Kecamatan Pulau Merbau yakni peringatan HUT Pulau Merbau Ke-9 Tahun 2020.

Tak lupa ucapan selamat juga disampaikan Camat Atan Ibrahim kepada para pengurus LAM Kecamatan yang baru saya dilantik, seraya berharap dapat menjaga dan melestarikan Budaya Melayu di Pulau Merbau. 

Selanjutnya diusia Pulau Merbau yang Ke-9 ini, diakui Camat Atan masih banyak yang harus dibenahi dalam rangka mewujudkan cita-cita pemekaran Kecamatan yang telah diperjuangkan sejak 18 April 2002 lalu. Yang baru terwujud tahun 2011 seiring dikeluarkannya Perda No. 7 Tahun 2011 di awal masa kepemimpinan Bupati Irwan.

Adapun masalah yang dihadapi hampir disemua sektor baik infrastruktur jalan dan jemabatan  pendidikan, kesehatan, air bersih, elektrifikasi dan maaih banyak lagi. Namun berkat sinergitas antara Pemerintah Desa, Kecamatan dengan Kabupaten masalah itu secara berlahan mulai teratasi.

Saat ini tengah diupayakan membuka jalan menuju Desa Ketapang Permai yang baru tuntas sepanjang 1.5 KM dan masing menyisakan beberapa kilometer pagi. Untuk itu Camat berharap dukungan dari Kabupaten untuk dapat menuntaskannya karena Camat meyakini jika pembangunan jalan itu selesai maka dapat mempersingkat waktu tempuh menuju Kantor Camat menjadi 25 menit.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, mengawali sambutannya mengucapkan selamat kepada maayarakat Pulau Merbau yang sedang merayakan hari jadinya Ke-9. Ucapan yang sama juga disampaikan Bupati Kepada pengurus LAM Kec. Pulau Merbau yang baru saja dilantik ia berharap dapat terus menjaga semangat dan kelestarian budaya Melayu agar terus bertahan menjadi negeri Madani yang identik dengan nuansa Islami.

Pada kesempatan itu Bupati Irwan juga mengucapkan terima kasih kepada pengelola Madrasah Desa Semukut yang tekah sudi meminjamkan gedung sekolahnya untuk dijadikan Kantor Kecamatan.

Selanjutnya senada dengan Camat Pulau Merbau Atan Ibrahim, Bupati juga menginginkan Kecamatan tersebut dapat berkembang dengan pesat baik pembangunan maupun ekonomi masyarakatnya. Sejauh ini gedung-gedung pelayanan satu persatu sudah mulai dibangun yakni Puskesmas yang dukup megah, Kantor Kecamatan dan kedepan akan dibangun lagi gedung KUA, Gedung Polsek Pulau Merbau.

"Itu semua dalam rangka mewujudkan Pulau Mebau menjadi sebuah Kecamatan yang Paripurna," ucapnya.

Dan saat ini dikatakan Bupati Irwan, sedang dilakukan lelang tahap awal telah untuk membangun jalan dari Pelabuhan Belokop menuju Kantor Camat.

"Direncanakan sebulan lagi akan dibangun, untuk tahap awal sudah kita siapkan anggaran sebesar 10.8 Miliar," jelas Bupati Irwan.

Bupati juga menyambut baik usulan dari Camat Pulau Merbau yang mengusulkan penuntasan jalan Desa Ketapang Permau menuju Kantor Kecamatan. Untuk itu terlebih dahulu Bupati meminta kepada Camat untuk membuka jalan utama dengan Body jalan yang luas seperti jalan Pramuka Selatpanjang agar kedean Pulau Merbau mampu tumbuh sesuai dengan harapan masyarakat.

"Nantinya pola pembangunan jalan akan kita robah, tidak lagi dengan pola semenisasi tapi base batu dan pasir yang dilanjutkan dengan pengaspalan," ucap Bupati.

Diakui Bupati, Pemerintah Kabupaten sangat konsisten membangun negeri yang dimulai dari Desa. Tujuannya agar pembangunan di Desa lebih berkembang.

"Sampai saat ini kita belum berencana untuk membangun kantor Bupati bahkan tanahpun belum diganti rugi, alasanya kita ingin memprioritaskan pembangunan ditingkat Desa dan Kecamatan baik jalan, jembatan dan fasilitas publik lainnya," papar Bupati.

Pada kesempatan itu Bupati juga mengajak kepada masyarakat untuk berinovasi memanfaatkan potensi daerah yang cukup besar. Terutama lahan yang luas dan subur dengan menanam tanaman yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Hal ini sekaligus menjawab keluhan Camat yang mengaku masyarakatnya sangat susah sekali mendapatkan pekerjaan. 

Karena menurut Bupati tidak zamannya lagi masyarakat mencari pekerjaan diperusahaan yang dapat diberhentikan sewaktu-waktu. Dengan bercocok tanam Bupati meyakini masyarakat akan lebih mandiri.

"Mari manfaatkan lahan yang luas untuk bercocok tanam sebab kami ingin menjadikan masyarakat lebih mandiri," ucapnya lagi.

Untuk mendukung pengembangan potensi pertanian ini, Bupati juga mengintruksikan Dinas Perkebunan untuk dapat memprogramkan bantuan bibit tanaman yang memiliki nilai ekonomi tinggi seperti jengkol, durian, alpokat, pinang untuk ditanam dan dikembangkan lahan lahan masyarakat.

"Saat ini Sawit Karet sudah masa lalu kini tanam buah buahan dan tidak zamannya lagi masyarakat mencari pekerjaan tapi bisa membuka peluang kerja sendiri," jelasnya.

Terakhir Bupati juga menyinggung masalah Stunting yang juga harus menjadi prioritas pemerintah Desa dan Kecamatan untuk dituntaskan. Caranya dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di 2 Puskesmas representatif yang ada di Pulau Merbau.

Kegiatan HUT Kecamatan Pulau Merbau dan Peresmian Kantor Camat yang berlangsung hikmat ditutup dengan acara silahturahmi dan makan bersama antara masyarakat dengan Bupati dan rombongan.

Dinformasikan juga dalam kegiatan itu, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si didampingi Wakil Bupati H. Said Hasyim juga berkesempatan untuk meresmikan pemakaian pelabuhan Desa Semukut yang dibangun menggunakan Dana DAK APBN Kementrian Perhubungan sebesar 4.9 Miliar.
(syaban/karim)
Komentar

Berita Terkini