Wakil Gubernur Riau, H. Edi Natar Nst.S.Ip, Resmikan Bagas Godang.

harianfikiransumut.com - Riau : Wakil Gubernur Riau (Wagubri), H. Edi Natar Nst.S.Ip
mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah mengundangnya untuk meresmikan Bagas Godang (rumah adat mandailing huta haiti). Rabu (8/1/2020)

Pengukuhkan penambalan gelar sultan mahmud ke 18 tokoh adat desa Rambah Tegah Barat di kukuhkan oleh Wakil Gubernur Riau (Wagubri), H. Edi Natar Nst.S.Ip sekaligus meresmikan Bagas Godang (rumah adat mandailing huta haiti) Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.

Dalam peresmian Bagas Godang dan pengukuhan tokoh adat, Wagubri bersama Bupati Rohul, H. Sukiman dan rombongan, disambut ratusan masyarakat RTB dan Sialang Jaya, dengan penampilan silat yang diiringi musik Gondang Sambilan.
Wakil Gubernur Riau (Wagubri), H. Edi Natar Nst.S.Ip berharap, dengan adanya Bagas Godang bisa semakin mempererat silaturrahmi baik diantara marga-marga mandailing maupun dengan orang-orang yang ada disekitararnya.

“Rumah adat Mandailing ini banyak fungsinya, bisa untuk pertemuan, untuk memecahkan suatu masalah, membicarakan persoalan-persoalan dan bisa dijadikan tempat wisata sejarah.  Karena disini ada makam Surri Andung Jati yang sebenarnya beliau sudah ada dibumi Lancang Kuning sejak tahun 1418-1450,” kata Edi Natar.

Edi Natar menambahkan, dengan adanya napitu huta ini adat istiadatnya tetap kita lestarikan dengan Indonesia yang hidup penuh ke Bhinekaan  itu adalah merupakan kekayaan dan potensi-potensi yang dimiliki bangsa Indonesia,

Wagubri juga mengatakan bahwa Dia adalah salah satu keturunan dari marga Nasution walaupun selama 37 tahun berada diluar maka ia selalu tetap bangga dengan keturunannya.

Sementara itu kepada Wartawan Bupati Sukiman mengatakan, dengan adanya rumah adat Mandailing,
” itu salah satu bukti bahwa di Rohul perkembangan budayanya masih sangat kental sekali. Baik itu dari budaya Melayu, Minang,  Jawa, dan Batak tanpa adanya perbedaan dengan memberikan bantuan untuk memperkuat persatuan kita dalam membangun Rokan Hulu semakin maju.

“Dengan adanya Bagas Godang ini, merupakan pemecah masalah dalam artian adat istiadat di Kaiti ini masih tetap berjalan, mulai dari masalah yang ada di tengah masyarakat tentunya dapat kiranya diatasi dengan baik ” Tuturnya

Selain itu dalam hal melaksanakan pembangunan di Kabupaten Rohul, kami juga masih sempat memperhatikan masyarakat adat yang ada, jadi saya  berpesan kepada masyarakat, kiranya dapat memelihara bangunan yang indah ini,” Harap Sukiman.

kepada Kapolres AKBP Dasmin Ginting
Juga diberikan gelar adat kehormatan,
yang bergelar Maraja Parlaungan, ketua PN Pasir Pangaraian Sunoto bergelar Mangaraja Adil, Kajari Rohul Daniel Sumajuntak Mangaraja Pangaduan.Kades RTB Sofian Daulay bergelar Malin Mudo, kades Sialang Jaya Yuherman Daulay bergelar Malin Marendah, Kases Sukamaju bergelar Malin Jalelo. kades Rambah Tengah Hulu Addis Hasibuan bergelar Kali Rajo, Yanuar Kasuari Nst bergelar Maraja Lobi.

Masjon Lbs Wakil Pucuk Suku Lubis bergelar Japaras.Wakil Gubernur Riau (Wagubri), H. Edi Natar Nst.S.Ip mendapat gelar adat sebagai Sutan Gompar Parlindungan, sedangkan Bupati Sukiman sebelumnya sudah diberi gelar oleh kerapatan adat Luhak Rambah dengan gelar Panglima Pukaso,

sementara Sekda Abdul Haris bergelar Naro Mudo, Jamaluddin Nst Raja Adat Huta Haiti bergelar Sutan Tuah, Almisahri Nst jabatan Tukot sebagai Wakil Maraja Kayo, H Bahari Nst Wakil Mangarajo Kayo,Alimin Nst Wakil Mangarajo Junus, Bahtiar Nst Wakil Mangaraja bergelar Jabarayun, Adhar Nst bergelar Jagogar, Abdul Ayani Lbs sebagai Pucuk Suku Lubis bergelar Japangulu.

Kemudian juga dilantik, Jamaluddin Lbs Wakil Pucuk Suku Lubis bergelar Baginda Mora , Ramlan Lubis Wakil Pucuk Suku Lbs bergelar Baginda Oloan, Syukri Lbs Wakil Pucuk Suku Lubis begelar Jalenang, H.Parlindungan Nst Pucuk Suku bergelar Maraja Huta Tinggi, Damri Nst Wakil Pucuk Suku Nst bergelar Maraja Muda, Zulfiker Wakil Pucuk Suku Nst bergelar Maraja Parhimpuanan.M.Yamin Nst Wakil Pucuk Suku begelar Panghulu Sombah.

Selain itu, diberi gelar adat ke 11 pucuk Suku Daulay lainnya.Termasuk Kadis PUPR Anton Hsbn bergelar Jabaringin, Kadis DPPKA Suharman Nst gelar Jasabung Barani, M.Munif gelar Maraja Enda, Kadishub Andiyanto bergelar Maraja Pandapotan.

Kemudian, H Sawil Nst bergelar Baginda Raja Alam, Faruhum Nst bergelar Maraja Aceh, H.Tarmizi Nst bergelar Sutan Namora Raja Goppar, H.Jasman Nst bergelar Sutan Komalo Gunung.

Diakhir acara wakil gubernur Riau bersama Bupati Rohul
menandatangani prasasti peresmian Bagas Godang dan dilanjutkan makan bersama.(Adv/Pemkab Rokan Hulu)
Komentar

Berita Terkini