Wabup Aceh Tamiang Lakukan Penanaman Perdana Cabe Jamu Di Kampung Benteng Anyer.

harianfikiransumut.com | Manyak Payed : Penanaman perdana cabe jamu tersebut berlangsung pada pukul 10.00 wib di kampung benteng anyer dilakukan oleh wakil bupati aceh tamiang H. T. Insyafuddin ST didampingi unsur forkompimcam kecamatan Manyak payed, Selasa, (7/1/2020).

Datok Penghulu Kampung Benteng Anyer Edy Syahputra dalam sambutannya mengatakan bahwa rencana penanaman ini sejak Juni 2019 lalu, namun baru hari ini dapat terlaksanakan, Datok juga menyebutkan, Kegiatan ini menggunakan anggaran BUMK.

Sementara,  Yoesdinur selaku pengembang cabe jamu mengatakan, untuk didaerah pulau jawa, bahwa cabe jamu ini telah di budidayakan di setiap rumah masyarakat dengan jarak tanam 1 meter.

Cabe Jamu merupakan salah satu tumbuhan tradisional yang memiliki khasiat untuk kesehatan bagi daya tahan tubuh manusia.
Tumbuhan tersebut telah berkembang di beberapa daerah termasuk di pulau Jawa dan di Sumatera Selatan.

Sementara untuk di Provinsi Aceh, merupakan daerah yang pertama melakukan penanaman perdana pengembangannya yakni di Kampung Benteng Anyer Kecamatan Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang.

Selain itu, pemasaran tumbuhan ini juga telah berkembang hingga tembus ke manca negara seperti India, Malaysia, Arab dan Korea.
Sedangkan untuk hasil dalam setiap pohonnya menghasilkan sebanyak 4 ons, dengan harga jual Rp. 150.000 kg nya.

Dijelaskannya, Pohon ini dapat di manfaatkan untuk rempah sayuran serta untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan serta tahan dalam serangan hama.

Sementara, untuk pemasarannya dapat langsung dipasarkan kepihak pusat pemasarannya di lampung Sumatera Selatan, sebut Buyung Sapaan akrabnya.

Dikesempatan tersebut, Camat Manyak Payed, Mukhtar Hadi, S.STP, mengatakan bahwa Konsep penanaman ini lebih di prioritaskan dalam pemberdayaan kepada masyarakat.
Saat ini untuk di kampung benteng anyer, di setiap rumah warga telah di berikan lima pohon Cabe Jamu untuk di kembang biakan, kata camat.

Direncanakan, budidaya tanaman cabe jamu atau cabe Jawa ini akan terus berlanjut penanamannya disetiap kampung dalam kecamatan Manyak Payed.

Wakil Bupati Aceh Tamiang, H. T. Insyafuddin ST dalam sambutannya mengatakan, bahwa pemerintah mendukung sepenuhnya program ini, sesuai dengan program pemerintah Aceh Tamiang dalam membudidayakan buah-buahan, ucapnya.

Wabup juga, meminta agar semua kepala desa untuk dapat memaksimalkan anggaran dana desa dalam pemberdayaan, guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, harapnya.

Semiga, kampung benteng anyer sebagai salah satu Kampung yang pertama memproduksi pohon cabe jamu ini, harapnya.

Wakil Bupati Aceh Tamiang, H. T. Insyafuddin ST, Kapolsek Manyak Payed, Iptu Lilik H.SH, Camat Manyak Payed, Mukhtar Hadi, S.STP, Danramil 6/MPU Kapt. Inf. P. Harahap, Waka Polsek Manyak Payed Ipda. Darwin A, Kepala BPP Kecamatan Manyak Payed Iskandar Mirza, Penyuluh Kecamatan Mukhlis, SP, tokoh agama, tokoh masyarakat, para petani serta warga setempat, (pakar).
Komentar

Berita Terkini