|

Seni Budaya New Warogo Tri Bakti Sambut Tahun Baru 2020

harianfikiransumut.com– Palas:
Warga desa Ujung batu III terhibur seni budaya new warogo tri bakti dalam acara menyambut tahun baru 2020
Tak kalah seru dengan kesenian lainnya, pergelaran Seni Budaya Kuda lumping "New Warogo Tri Bakti” pimpinan Bapak Supratikno, sangat menghibur warga Desa Ujung Batu III, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, Sabtu, 04 Januari 2020.

Banyak penonton yang berdatangan baik dari masyarakat setempat maupun dari desa lain yang membanjiri halaman dan jalan sekeliling Balai desa Ujung Batu III . Pergelaran ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Tahun baru 2020, Uji Ketangkasan, Senam bersama Ibu-Ibu PKK hingga pagelaran Seni Pegon atau lebih di kenal dengan istilah Kuda lumping Selain itu, kegiatan  ini memberikan berkah tersendiri bagi pedagang dikeliling lokasi tersebut yang diserbu oleh para penonton.

Kegiatan seni budaya kuda lumping atau pegon ini dimulai pukul 15.00. Sore, Tidak hanya menyuguhkan penampilan yang lucu dan unik, tetapi juga penuh kreasi dengan aneka kostum serta dandanan. Gerak tari dipadukan dengan gamelan, gendang, kenong, jedor, dan tembang-tembang campursari modern dilantunkan para artis pengurus yang berasal dari Desa setempat.

Ketua Karang Taruna Desa Ujung Batu III Raja Miranda Nasution Menjelaskan ” Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menjalin dan mempererat hubungan yang harmonis di antara unsur unsur masyarakat yang ada di Desa”ujarnya.

Dia Juga menambahkan “Kegiatan ini di dukung dan di fasilitasi oleh Pembina Karang Taruna Desa Ujung Batu IIi (Kepla Desa ) sepenuhnya dengan tujuan agar kami kepemudaan di Desa ujung Batu III ini lebih berkreatifitas dan memahami tugas dan tanggung jawab sebagai pagar Desa. Dan Juga untuk menjalin kekompakan di antara kami warga Desa.” Kata Raja.

Beragam tarian ditampilkan. Mulai dari tari kuda lumpin  atau pegon, lomba lari karung anak-anak memakai helm, lomba makan kerupuk anak2 dan dewasa,  lomba balap terompah, lomba lari goni, balap sorong angkong,  ketangkasan naik kereta, serta hiburan lainnya yang sangat membuat para penonton antusias untuk menyaksikannya. Ungkap ketua karang taruna desa ujung batu III, Raja Miranda Nasution.

Sementara itu, Kepala Desa Ujung Batu III Sumardi menjelaskan ” Karang Taruna Desa ini adalah Asset berharga dan kewjiban saya untuk membina mereka terlebih lebih saat ini saya diberikan amanah memimpin pemerintahan Desa, semoga semua potensi kepemudaan dapat di kembangkan mereka kedepannya,” ujar Mardi.

Ditambahkan Kades ” mulai dari penyambutan Tahun Baru para warga Karang Taruna desa Ujung Batu III  berkumpul bersama Bakar Ikan untuk menjalin kekompakan di tengah tengah masyarakat desa ujung batu III, kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan seni budaya, hari ini Karang Tarun Desa melaksankan Senam Bersama ibu-Ibu PKK dan malam ini dilanjutkan dengan pagelaran Pegon (seni kebudayaan Jawa).” ujarnya

Ditempat yang sama.Salah Satu Pengurus IPSM Kabupaten Padang Lawas, memberi apresiasi kepada  Kepal Desa Ujung Batu III dalam membina Karang Taruna Di Desa Ujung Batu III tersebut, dan bahkan Mardi Selaku Kepala Desa beberapa minggu yang lalu mendapat penghargaan dari Bupati Padang Lawas melalui Sekda sebagai penyumbang PAD terbaik dari kategori Pelunasan Retribusi Pajak Bumi dan Bangunan.Ini merupakan perestasi desa ini"

Dari itu saya yakin Kepemudaan di Desa Ujang Batu III serta warga masyarakatnya akan lebih cepat menggapai kesejahteraan, terlebih lebih juga Kepala Desa tersebut mencanangkan Program Pemberdayaan bagi masyarakat Desa tahun ini sangat di perioritaskan Kepala Desa tersebut.”Diungkapkan pengurus IPSM Kabupaten Padang Lawas Tersebut.

Setelah acara Tarian Seni budaya berganti dengan kegiatan lainnya, Salah satu, penari Pegon mengatakan sangat senang bisa menghibur masyarakat dan turut melestarikan seni dan budaya. Ia berharap pergelaran kesenian seperti ini bisa terus dikembangkan dan dikemas lebih baik lagi agar menjadi tontonan yang menarik dan menghibur masyarakat. Ujarnya. (A.salam siregar)
Komentar

Berita Terkini