Satpam Peringati HUT Ke-39 Tahun 2019

Ket. Gbr : Wawako Ir H Arwin Siregar MM saat melepas balon dan Kapolres AKBP Hilman Wijaya SIK, MH sebagai Irup pada Peringatan HUT Satpam ke-39, Rabu (22/1-2020). Foto : RAS

harianfikiransumut.com - Padangsidimpuan : Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Pengaman (Satpam) ke-39 tahun 2019 yang mengusung tema 'Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul Untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas Yang Kondusif dan Terjaminnya Keamanan Dilingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju' diperingati melalui sebuah upacara yang diselenggarakan oleh Polres Padangsidimpuan dan dihadiri Wakil Walikota Ir H Arwin Siregar MM bertempat di lapangan Yayasan BM Muda Perguruan Nurul Ilmi Padangsidimpuan, Rabu, (22/1-2020).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara HUT Satpam ini Kapolres P. Sidimpuan AKBP Hilman Wijaya SIK, MH yang diikuti oleh peserta upacara dari oerdonil Satpam, TNI, Polri, Satpol PP, Damkar serta beberapan Ormas/OKP serta turut dihadiri Ketua DPRD Siwan Siswanto, pimpinan OPD serta PJU Polres P. Sidimpuan.
Sebagai Irup, Kapolres AKBP Hilman Wijaya SIK, MH tidak lupa mengucapkan selamat HUT kepada segenap Satpam yang mengikuti upacara.

Kemudian Irup saat membacakan Amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs Idham Aziz MSi mengatakan, saya mengucapkan selamat HUT ke-39 kepada seluruh personil Satpam di manapun bertugas. Momentum ini kiranya dapat dijadikan sebagai sarana evaluasi terhadap eksistensi dan kinerja Satpam guna pembenahan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan tugas dimasa akan datang.

"Polri memerlukan dukungan dan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat termasuk Satpam sebagai Profesi yang luhur dalam mengemban tugas dan fungsi Kepolisian secara terbatas pada lingkungan kerjanya," ungkapnya.

Ditambahkannya bahwa kehadiran Satpam sebagai Mitra Polri dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas dituntut semakin profesional. Dalam implementasinya, personil Satpam harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat serta melaporkannya kepada pihak Kepolisian untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi.

"Dengan demikian, eksistensi Satpam dapat semakin memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan keamanan di lingkungan tugasnya masing-masing. Tapi mewujudkan postur Satpam yang semakin unggul dan profesional, maka diperlukan sistem manajemen sumber daya manusia yang optimal.

"Untuk dipedomani dan dilaksanakan senantiasa tingkatkan Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan YME sebagai landasan moril dalam mengemban amanah profesi yang luhur dan mulia. Jaga kehormatan pribadi dengan berpegang teguh pada Kode Etik dan Profesi Satpam serta melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab," tegasnya.

Terakhir, Kapolri berpesan untuk meningkatkan kesiapsiagaan diri dalam mengidentifikasi setiap potensi gangguan dan kerawanan pada lingkungan kerja, sehingga dapat segera diantisipasi dengan optimal. Bangun komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat, serta tingkatkan kerja sama sinergis dengan jajaran Polri dan seluruh sStakeholders lainnya dalam memelihara stabilitas keamanan di lingkungan kerja, tandasnya.

Sementara Wawako Arwin Siregar usai upacara menyampaikan ucapan selamat HUT Satpam dan mengapresiasi Polres Padangsidimpuan yang selama ini membina dan menerjemahkan bagaimana satuan pengamanan yang baik.

"Saya atas nama pribadi dan masyarakat Kota Padangsidimpuan mengucapkan selamat HUT Satpam ke-39 tahun 2019 dan mengapresiasi Polres Padangsidimpuan yang selama ini sudah membina Satpam di Kota Padangsidimpuan," pungkasnya.

Pantauan media ini, rangkaian HUT Satpam diakhiri dengan pelepasan balon ke udara oleh Wawako Ir H Arwin Siregar didampingi Kapolres dan Ketua DPRD Siwan Siswanto dan PJU Polres Padangsidimpuan. (Shandy).
Komentar

Berita Terkini