|

Menteri Sosial : Kita Akan Bantu Pengentasan Kemiskinan Di Tapanuli Utara


harianfikiransumut.com | Tapanuli Utara : Menteri Sosial Juliari Peter Batubara dan ibu Grace Claudia berkunjung ke Tapanuli Utara diterima Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si bersama Dandim 0210/TU Agus Rony Widodo dan Kapolres Taput Horas M Silaen serta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Indra Sahat Simaremare, M.Si, bertempat di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara, Tarutung Minggu (05/01/2020).

Selanjutnya, Bupati diskusi bersama Menteri Sosial yang didampingi serta didampingi Staf Ahli Menteri Sonny Manalu dan Staf Khusus Menteri Erwin Lumbantobing tentang berbagai hal pembangunan dan jug bantuan dari Kementerian Sosial yang dapat disalurkan di Tapanuli Utara.

"Banyak harapan kami kepada Pemerintah Pusat demi kemajuan Tapanuli Utara, kami meminta dukungan Bapak Menteri dalam upaya pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya. Dampaknya akan luar biasa bagi Tapanuli Raya, salah satunya adalah semakin banyak dana yang akan berputar di Tapanuli Raya, peningkatan SDM untuk mendukung usia produktif akan semakin tinggi serta peningkatan perekonomian melalui Universitas ini," ucap Bupati mengawali sambutannya.

"Terimakasih dukungan Kemensos atas bantuan terhadap beban kenaikan premi BPJS Kesehatan, Rumah Tidak Layak Huni, Program PKH dan KUBE. Kami juga membutuhkan pengadaan 'rice milling' yang akan mendukung pengolahan pakan ternak. Saat ini animo masyarakat untuk beternak sangat berkurang karena biaya pakan yang sangat tinggi. Kami berharap permohonan kami dalam proposal ini semoga dapat segera terealisasi dalam waktu dekat," akhir sambutan Bupati.

Usai penyerahan cenderamata oleh Bupati, dalam arahan Menteri Sosial mengatakan dukungan demi pengentasan kemiskinan di Tapanuli Utara.

"Saya bersahabat baik dengan bapak Nikson, makanya saya mengunjungi Tapanuli Utara sekaligus untuk bersilaturahmi dalam suasana tahun baru. Tugas Kemensos itu membantu Presiden menuntaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan, seperti bantuan pangan, Kube, PKH, BPNT, bedah rumah dan bantuan sosial lainnya," ujar Menteri Sosial Juliari mengawali sambutannya.

"Mengenai kenaikan beban iuran BPJS Kesehatan yang dikeluhkan bapak Nikson akan segera tindaklanjuti. Sistem informasi di Kementerian Sosial sudah kita rancang menjadi  Sistem New Generation dimana syarat-syarat bantuan sosialnya tidak buat susah masyarakat miskin, tetapi dibuat lebih simpel. Tinggal nama, alamat dan NIK. Saya tegaskan, Kita akan bantu pengentasan kemiskinan Tapanuli Utara," ujar Menteri Sosial mengakhiri.

Nyonya Satika Simamora yang turut hadir pada kesempatan tersebut memperkenalkan beberapa produk hasil binaan Dekranasda Taput kepada Menteri Sosial dan ibu seperti pakaian jadi/jaket yang merupakan kombinasi/kreasi tenun ulos serta  menikmati produk UMKM Taput seperti kacang sihobuk, winecoffee dan air minum dalam kemasan 'ProTio'.

Turut hadir pada acara tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra  Parsaoran Hutagalung, beberapa pimpinan OPD dan Tokoh Agama serta pengurus LADN, (RAHMAN SORMIN).
Komentar

Berita Terkini