|

Kemenag Aceh Tamiang Laksanakan Upacara HAB Ke 74 Tahun 2020.

harianfikiransumut.com | Karang Baru : Kementerian Agama Kabupaten Aceh melaksanakan upacara Bendera dalam rangka memperingati hari amal bakti Ke 74, bertempat di halaman kantor kemenag setempat, Kamis, (3/1/2020).

Dalam Amanat Kementerian Agama Republik Indonesia yang dibacakan oleh Inspektur upacara Sekda Kabupaten Aceh Tamiang H. Basyarudin, SH mengatakan Hari ini kita memperingati tonggak peristiwa penting yang mempunyai arti khusus bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama yaitu Hari Amal Bakti Kementerian Agama.

Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama merefleksikan rasa Syukur kita kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa dan penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama, kita semua bisa berdiri di tempat ini tidak lepas dari perjuangan dan pengorbanan generasi terdahulu.

Undang-undang dasar negara kita pasal 29 UUD 1945 menegaskan negara berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa dan Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.
Agama dan negara saling membutuhkan dan saling mengkokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia.
Saya perlu menegaskan di sini bahwa penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas Kebangsaan tidak boleh terpisahkan apalagi dipertentangkan tetapi harus dalam satu kotak untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara.

Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama Tahun 2020 ialah "Umat rukun Indonesia Maju", saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di pusat dan di daerah agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di tanah air.

Kerukunan antar umat beragama merupakan modal kita bersama Untuk membangun negara dan menjaga Integrasi Nasional, Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama.
Tugas utama kementerian agama adalah membangun jiwa manusia sebagai landasan terbentuknya mental bernegara yang baik.

Akhirnya, saya meminta kepada segenap aparatur Kementerian Agama, berikanlah seluruh kemampuan yang saudara-saudara miliki untuk semakin dekat melayani umat dan menjaga nama baik Kementerian Agama.
Dikesempatan tersebut,  Kementerian Agama secara khusus mengajak jajaran Kementerian Agama di seluruh Indonesia untuk memperhatikan 6 hal sebagai berikut :
1. Pahami sejarah Kementerian Agama serta regulasi tugas dan fungsi Kementerian ini dalam konteks relasi agama dan negara.


2. Jaga Idealisme kejujuran, integritas, dan budaya kerja Kementerian Agama di tengah arus kehidupan yang serba materialistis, Selaras antara kata dengan perbuatan, sesuaikan tindakan dengan sumpah jabatan.

3. Tanamkan selalu bahwa bekerja adalah ibadah dan melayani masyarakat adalah sebuah kemuliaan.

4. Perkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan baik sesama institusi pemerintah, tokoh agama, organisasi keagamaan, dan segenap elemen masyarakat.

5. Rangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan persatuan, dan moderasi beragama, sejalan dengan falsafah Pancasila yang mempersatukan anak bangsa walau berbeda ras, etnik, keyakinan agama, dan golongan, pungkas H. Basyaruddin SH membacakan amanat tertulis kementerian agama republik Indonesia.

6. Implementasikan Visi dan Misi Pemerintah ke dalam program kerja Kementerian Agama di semua unit kerja pusat, daerah dan Perguruan Tinggi Keagamaan.

Selanjutnya, usai melaksanakan upacara HAB Ke 74 Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang memberikan penghargaan kepada Madrasah yang berprestasi, guru berprestasi serta siswa dan siswi yang berprestasi di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang.

Sekda Aceh Tamiang H. Basyaruddin SH, Kakan Kemenag Aceh Tamiang Drs.H. Hasan Basri MM, Kasdim 0117/Atam Mayor Inf. A. Yani, Anggoota DPRK Aceh Tamiang H. Samuri Partai PNA, Waka Polsek Karang Baru Ipda Ismail, Ketua MPU Aceh Tamiang Syfrijal MA, Sekretaris dinas kesehatan kabupaten aceh tamiang Irianto, Kepala BRI Kepala Bank Aceh, Kepala Sub Bagian Tata Usaha M. Anwar Fadli.S.Ag, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Abdul Aziz, S.Ag, Kepala Seksi Bimbingan Madrasah Islam MA, Drs. M. Yusuf.

Kemudian, Penyelenggara Zakat dan Wakaf Zakaria S.Ag, Zainuddin S.Ag Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, Drs. H. Abdul Wahab MA Penyelenggara Haji, para Kepala KUA, Kepala Madrasah, para Dewan Guru serta para ASN dan staf di lingkungan kementerian agama kabupaten aceh tamiang, (pakar).
Komentar

Berita Terkini