Untuk Cegah Penyakit, Bupati,Kapolres Dan Ketua PMI Rohul Bagi Masker Gratis.

harianfikiransumatra.com - Rohul : Pemerintah Daerah Rokan Hulu bersama Polres dan Palang Merah Indonesia membagikan masker gratis kepada masyarakat maupun pengendara kendaraan bermotor yang melintas di depan kantor PMI Cabang Rohul,Jumat (13/9/2019).

Aksi sosial yang dilaksanakan,tidak lain untuk memberikan kesadaran dan pemahaman kepada masyarakat, disaat keluar rumah, harus menggunakan masker, sebagai antisipasi mencegah terserang penyakit inspeksi saluran pernapasan atas (Ispa), akibat udara yang tidak sehat bercampur kabut asap.

Usai pemberian masker gratis, Bupati Rokan Hulu H Sukiman kepada wartawan, Jumat (13/9/2019) petang mengaku, kabut asap yang menyelimuti di wilayah 16 kecamatan se Kabupaten Rohul, merupakan kabut asap kiriman dari kabupaten tetangga.

"Kabut asap yang kini menyelimuti wilayah Rohul, merupakan asap kiriman. Upaya pemerintah daerah bersama Polri dan TNI tetap mencegah terjadinya Karhutla, mesti saat ini tidak ada titik api, tapi masyarakat harus waspada, bagi yang membuka ladang atau kebun tidak dengan cara membakar,’’ ujarnya

Orang nomor satu Rohul itu mengatakan, pemberian masker gratis kepada masyarakat oleh pemerintah daerah, PMI dan Polres Rohul, sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap kesehatan masyarakat Rohul, untuk mencegah tidak terkena penyakit Ispa dari dampak kabut asap Karhutla yang hingga petang ini masih terlihat tebal.

‘’Pemerintah Kabupaten Rohul telah membagikan 35 ribu masker gratis kepada masyarakat, melalui 21 Puskesmas dan BPBD Rohul, sebagai upaya mencegah masyarakat terkena dampak penyakit dari kabut asap.

Sukiman mengaku, kondisi kabut asap tebal yang menyelimuti wilayah Rohul, Pemerintah Kabupaten Rohul dan Pemerintah Provinsi Riau telah menginstruksikan seluruh aktifitas belajar mengajar di tingkat Paud, TK , SD dan SLTP termasuk SLTA Se Rohul, untuk sementara diliburkan sejak tanggal 10-14 September mendatang.

Tujuannya, agar mencegah peserta didik tidak terserang penyakit dari dampak kabut asap yang terjadi saat ini.

Terpantau,pembagian masker gratis oleh Pemkab bersama Polres Rohul itu, menarik perhatian masyarakat,Pasalnya Bupati Rokan Hulu H Sukiman S.Sos, Kapolres Rokan Hulu AKBP M Hasyim Risahondua SIK MSi dan Ketua PMI Cabang Rohul Hj Peni Herawati Sukiman,langsung memasangkan masker kepada pengendara sepeda motor yang melintasi di Jalan Diponegoro Pasir Pengaraian.

Pemberian masker gratis secara bersama-sama itu, sebagai bentuk bhaksi sosial dalam rangka peringatan Hari Lalulintas Byangkara ke 64 tingkat Kabupaten Rohul.(Liber Sihotang)
Komentar

Berita Terkini