|

Titik Panas di Riau Bertambah, Terbanyak di Inhil.

harianfikiransumut.com - Pekan Baru : Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mencatat, Jumlah titik panas atau hotspot di Provinsi Riau kian bertambah setiap harinya dan menduduki posisi ketiga terbanyak hotspot di Sumatera.

Sementara Sumatera Selatan menempati terbanyak kedua yakni 332 titik dan hotspot terbanyak pertama ada di Jambi yakni 504 titik.

Menurut data yang dihimpun dari pihak BMKG, ada beberapa wilayah lain di Sumatera yang juga terpantau hotspot dengan Level Confidence  50 % , di Lampung ada 70, Bangka Belitung 66, Kepulauan Riau 14 dan disusul Sumatera Barat 3 titik.

Dengan begitu total keseluruhan hotpost hari ini Senin (9/9/2019) terpantau ada 1.278 titik,demikian disampaikan oleh Kasi Data dan Informasi BMKG stasiun Pekanbaru Marzuki

"Khusus untuk Riau ada 289, yakni tersebar di Meranti 2, Bengkalis 4, Kampar 2, Dumai 1, Kuansing 1, Pelalawan 57, Rokan Hilir 1 terbanyak ada di Indragiri Hilir 185 dan Indragiri Hulu 31 titik," ujar Marzuki.

Sementara untuk hotspot di Riau dengan Level Confidence  70% ada di 182 titik,diduga kuat 182 titik ini karena terjadinya Karhutla seperti di Bengkalis 2, Pelalawan 38, Rokan Hilir 1, Indragiri Hilir 117, Indragiri Hulu 17 dan Dumai 1 titik.

Sementara menurut Marzuki, cuaca pada umumnya pagi ini cerah berawan dan berpotensi jarak pandang yang menurun diakibatkan oleh kekaburan udara akibat partikel kering seperti asap dan haze.

Sedangkan untuk siang hari cuaca masih cerah berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang bersifat tidak merata terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, sebagian Kota Dumai, dan sebagian Kabupaten Rokan Hilir

"Malam hingga dini hari nanti cuaca juga masih cerah berawan, ada potensi hujan tetapi tidak merata terjadi di setiap daerah,"tutupnya.(Duliater)
Komentar

Berita Terkini