Tak Hanya Persoalan Asap, Warga pun Mulai Kesulitan Mendapatkan Air


harianfikiransumut.com - Pangkalan Kerinci : Masyarakat Kabupaten Pelalawan Khususnya, Provinsi Riau umumnya akhir-akhir tak hanya dirisaukan persoalan jerebu asap, secara bersamaan juga menghadapi peroalan kekeringan sumber cadangan air bersih.

"Musin kemarau terasa amat panjang. Stok air disumur warga mulai kering," jelas Amir Warga Desa Langkan Kecamatan Langgam, Senin (16/9/2019).

Tak hanya di desa Amir yang kekeringan, desa tentangganya juga mengalami hal sama. Baik di desa Padang Luas, Godai, Segati.

"Dan untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga terpaksa membeli air bersih didepot-depot air. Dan sebagian lagi mencari sumber air bersih di aliran sungai yang lumayan jauh," ucapnya lagi.

Tak hanya di desa-desa di Kecamatan Langgam, kesulitan air bersih juga dialami warga ibu kota Pangkalan Kerinci.

"Saat ini solusinya membeli air bersih di depot. Kendati dengan mengeluarkan sejumlah uang," kata Wati warga Terusan Pangkalan Kerinci.

Sementara hal yang sama juga dialami warga desa Kecamatan Pangkalan Bunut, Kerumutan.

"Tentunya warga berdoa agar mendapat pertolongan dari Allah SWT.  Sehingga perosalan kemarau panjang akan segera berakhir dengan diturunkan rahmad berupa air hujan. Dan disisi lain persoalan asap juga akan berkurang," imbuhnya.
(Duliater/rls)
Komentar

Berita Terkini