|

Sudah Terima Laporan, Bupati Harris Minta PT. EMP Kalila Bentu Ltd Terima Tenaga Kerja Lokal

harianfikiransumut.com - Pangkalan Kerinci : Bupati Pelalawan HM Harris mengingatkan PT. EMP Kalila Bentu Ltd. Untuk tidak menciptakan komplik dengan masyarakat lokal terkait peluang tenaga kerja lokal.

Hal Ini penting, guna untuk menciptakan hubungan komunikasi yang baik perusahaan dengan pemerintah maupun juga warga masyarakat setempat.

Demikian disampaikan HM Harris, Jumat (6 September 2019) di Pangkalan Kerinci.

Ia mencermati dinamika yang terjadi belakangan. Ada gesekan-gesekan dengan masyarakat lokal khususnya terkait peluang dan kesempatan kerja.

"Saya mencermati fenomena ini di lapangan. Dimana masyarakat lokal merasa risih dengan tidak diberikan kesempatan, untuk bekerja di PT. EMP Kalila Bentu Ltd. Kendati kemampuan warga lokal tidak kalah dengan tenaga kerja luar," ucap HM Harris yang merasa prihatin akan nasib yang dialami warganya.

Sementara untuk posisi strategis yang memerlukan skil di atas rata-rata tambah HM Harris tidak harus diberikan kepada warga lokal. Sebab bisa jadi warga lokal tidak memiliki kemampuan tersebut, namun dibanyak kejadian untuk posisi yang tidak skil sekalipun  perusahaan juga tidak memberikan peluang kepada mereka.

"Jadi sangat wajar warga lokal/tempatan melakukan aksi perlawanan. Sebab di bumi mereka perusahaan berusaha dan meraih keuntungan yang luar biasa. Namun apa yang diberikan perusahaan kepada masyarakat jauh dari apa yang diharapkan," imbuhnya bahkan Riak-riuh ini telah sampai kepada saya. Dan dari laporan yang disampaikan tokoh masyarakat kepada saya. Dimana mereka menyampaikan bahwa porsi tenaga kerja lokal di perusahaan  PT. EMP Kalila Bentu Ltd masih sangat sedikit. Itu pun didapat dengan cara-cara dan reaksi kuat dari masyarakat.

Lebih jauh disampaikan mantan ketua DPRD Pelalawan dua priode ini bahwa kondusifitas sangatlah diharapkan untuk memberikan peluang tumbuh kembangnya investor ke daerah ini, dimana imbasnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat diantaranya pekerja maupun buruh.

Dengan demikian, terciptalah keharmonisan pekerja dengan pemilik usaha sehingga kemajuan ekonomi daerah semakin baik.

"Semangat kemitraan harus senantiasa terpelihara dengan baik, tujuannya tak lain demi kepentingan besar masyarakat," urainya dan diakhir dia juga mengingatkan pihak Disnaker untuk melakukan kroscek di lapangan.
(74yung)
Komentar

Berita Terkini