-->

Smart City,Terobosan Diskominfo Kab.Pelalawan Menuju Pelalawan Emas

harianfikiransumut.com - Pangkalan Kerinci : Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan melalui Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Pelalawan membuat terobosan dan inovasi dalam perkembangan kemajuan teknologi pembangunan yang berkelanjutan menuju Pelalawan Emas.

Dengan terbitnya Surat Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo No.265/Kominfo/DJA/AI.01.05/ 05/2017 tanggal 5 Mei 2017 yang merupakan penyampaian hasil seleksi assesment terhadap 25 kabupaten/kota yang berhak mengikuti program smart city.

Penerapakan smart city ini menjadi sebuah impian Bupati Pelalawan, HM Harris dalam mensukseskan pembangunan Kabupaten Pelalawan yang berkelanjutan. Tujuan strategi implementasi Smart City untuk membentuk dan menerapkan suatu kota aman, nyaman, terkendali dan mempermudah akses bagi masyarakatnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pelalawan Hendri Gunawan A.P menjelaskan melalui Kabid E-Goverment Saud Afdillah A.P saat dikonfirmasi awak media diruangan kerja (03/09/2019) bahwa Smart City adalah sebuah pelayanan yang bebrbasis aplikasi dan aplikasi pelayanan dapat memberikan kemudahaan dalam keterbukaan informasi ke pada publik atau kepada masyarakat pada umumnya.

"Dalam pergerakan smart City bertujuan membimbing Kabupaten/Kota dalam menyusun Masterplan Smart City agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di Kabupaten Pelalawan,”ungkapnya

Dengan adanya pelayanan publik berupa fasilitas internet gratis yang nantinya dapat di nikmati masyarakat di kantor - kantor Kecamatan, masyarakat dapat mengakses untuk mencari keperluan seperti mencari resep makanan , berinovasi untuk menjualkan hasil produk kesenian dan lain sebagainya. Terangnya.

Di jelaskan Kabid E-Govermen, target kita bahwa menjelang akhir tahun 2019 ini, untuk di kecamatan-kecamatan yang ada di wilayah pemerintah Kabupaten Pelalawan sudah terpasang jaringan internet E-Gov untuk sementara ini baru beberapa kecamatan saja dan target kita seluruh kantor kecamatan sudah terpasang internet.

Dan Pemda Kabupaten Pelalawan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten juga mempunyai tempat namanya Comand Center. Comand Center ini adalah pusat central data atau disebut juga ruang server dimana kita bisa memonitoring akses internet E-Gov di seluruh Kantor-kantor termasuk Kantor Kecamatan dan juga mengetahui keberadaan ASN berada. Terangnya Kabid E-Govermen Saud Afdillah A.P.(74yung)
Komentar

Berita Terkini