Pemkab Langkat Peringati Muharram dan Tepung Tawar Jama’ah Haji

harianfikiransumut.com - Stabat : Bupati Langkat Terbit Rencana PA didamping Wakil Bupati Langkat H Syah Afandin dan Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin, menghadiri peringatan muharram 1441 H sekaligus penepung tawaran jama’ah haji Kabupaten Langkat tahun 2019, di Serambi Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Rabu (11/9/2019).

Bupati Langkat pada sambutannya, mengatakan, peringatan tahun baru hijriyah di bulan muharram ini bertema “jadikan semangat muharram untuk berhijrah membina prilaku yang lebih baik”. Untuk itu, Bupati mengingatkan masyarakat Langkat, untuk terus melahirkan semangat kebaikan, yaitu  kebaikan kepada semua makhluk, kebaikan dalam bekerja dan melayani serta kebaikan dalam mengemban amanah.

Selanjutnya, Bupati berharap kepada jama’ah haji yang baru kembali ketanah air, untuk berlomba - lomba dalam berbuat kebaikan, sebagai tokoh panutan inspirasi ketauladanan di tengah - tengah kehidupan masyarakat, dengan  menghidupkan suasana agama dirumah tangga  dan lingkungan tempat tinggal.

 “Mari penuhi masjid dan musholla yang berada di sekitar kita, dengan membiasakan diri sholat fardu berjamaah,”ujarnya.

Selain itu, kata Bupati, lestarikan hubungan baik dalam setiap gerak perilaku,  tidak saja terhadap jiran tetangga  akan tetapi  memberikan kebaikan bagi daerah ini juga,  salah satunya dengan membekali keluarga dan anak generasi  dengan pendidikan agama,  sebab kebaikan masa mendatang ditentukan oleh kebaikan generasi saat ini.

“Saya yakin sepenuhnya, bapak ibu yang sudah menyandang predikat haji, akan berlaku lebih baik dari sebelum berangkat,  karena hal ini akan membuktikan seseorang tergolong kepada haji yang mabrur,”sebutnya.

Sembari mengajak,  untuk mengirimkan doa kepada  seorang jamaah haji Kabupaten Langkat yang telah meninggal dunia ditanah suci dan seorang yang masih dalam perawatan di rumah sakit Makkah.

Sekda pada laporannya, menyampaikan,  kegiatan ini dilaksanakan  dengan tujuan melaksanakan visi mayarakat religius serta ungkapan rasa syukur atas kemablinya jama’ah haji Langkat musim haji 1440 H. Berdasarkan surat Bupati Langkat No: 005-1731/KESSOS/2019, perihal undangan pelaksanaan peringatan muharram dan tepug tawar jama’ah haji Langkat 1441 H/2019 M.

Selanjutnya, dijelaskan Sekda, bahwa terdapat1 jama’ah meninggal dunia asal kecamatan Binjai, atas nama Jalaluddin Bandrik bin Abdullah  (72) pada 26 Juli 2019, sebab sakit (Infanctios and Farasitic Diseasies )  tempat KKHI Makkah, kini telah dimakamkan di sharaye. Serta 1 orang ditunda kepulangannya asal kecamatan Babalan, atas nama M Syafi Khaidir bin Chaidir  (58), kini sedang dirawat di RS King Faisal (Shiya) Makkah, sejak 20 Agustus 2019 lalu.

Pada kesempatan kegiatan tersebut, Bupati Langkat didampingi Wakil Bupati Langkat  dan Sekda, menyerahkan bantuan Hibah dan Bansos senilai Rp 30 juta, kepada masjid, lembaga pendidikan serta mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Kegiatan itu, juga diisi dengan tausiyah oleh  salah seorang jama’ah haji kloter 8, ustadaz H Irfan Yusuf.

Turut hadir Unsur Forkopimda Langkat, seluruh kepala OPD serta Camat  di jajaran Pemkab Langkat,  ketua beserta pimpinan DPRD Langkat,  para komandan satuan TNI Polri,  Kakan Kemenag Langkat  selaku kepala staf haji  Langkat beserta kepala KUA Kecamatan Se Langkat, ketua MUI Langkat, ketua IPHI beserta pengurus organisasi kemasyarakatan dan keagamaan se- Langkat, ketua dan wakil ketua TP PKK Langkat, ketua ikatan keluarga dewan dan  ketua DWP Langkat beserta berbagai unsur pengurus organisasi wanita lainnya, ketua DPD KNPI beserta pengurus organisasi kepemudaan se Langkat, para pensiunan ASN yang tergabung dalam PWRI Langkat,  tokoh agama pemuka masyarakat, serta para jamaah haji 1440 H dan undangan lainnya. (Belly)
Komentar

Berita Terkini